Sukses

Mayoritas Pengunjung Padati Kawasan Pantai Ancol Saat Libur Lebaran

Dua hari usai Lebaran ini akan menjadi titik puncak jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Ancol.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mencatat, jumlah pengunjung sejak hari pertama Lebaran hingga saat ini melonjak drastis dibanding hari libur biasa. Adapun sebanyak 70 persen wisatawan memilih kawasan pantai sebagai destinasi rekreasi.

Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari memperkirakan, dua hari pada akhir pekan usai Lebaran ini akan menjadi titik puncak jumlah kunjungan wisatawan menuju taman hiburan di utara Jakarta tersebut.

Berdasarkan data terbaru hingga pukul 17.00 WIB, jumlah pengunjung mencapai 93.986 orang. Kemudian kendaraan masuk Ancol antara lain mobil mencapai 10.300 unit dan motor 8.869.

"Kami memprediksi, puncak kunjungan itu kemarin (Sabtu, 16 Juni) dan hari ini (Minggu, 17 Juni). Kalau weekday rata-rata 10-20 ribu pengunjung, weekend biasa 40-50 ribu. Sementara H+1 ada 101 ribu, perkiraan hari ini bisa sampai 100 ribu," tutur dia kepada Liputan6.com, Minggu (17/6/2018).

Dia melaporkan, sejak hari pertama Lebaran sampai H+1, total ada sekitar 154 ribu pengunjung memasuki Ancol untuk berwisata bersama keluarga. Dengan rincian, sebanyak 53 ribu meluangkan waktunya ketika hari H, dan 101 ribu sisa pada Sabtu kemarin.

Menurut data Taman Impian Jaya Ancol, jumlah pengunjung pada hari ini sampai dengan pukul 11.01 WIB tercatat sebesar 44.842 orang. Jumlah tersebut termasuk 4.794 unit mobil dan 4.096 unit motor yang melintas masuk ke Ancol. 

"Angka ini masih terus bergerak sampai malam," tambah Rika, seraya memprediksi jumlah kunjungan ke Ancol pada hari ini bisa tembus hingga 100 ribu orang.

Jika prediksi itu tepat, total wisatawan yang berlibur di Ancol selama 16-17 Juni ini bakal mencapai 201 ribu orang. Rika pun menyatakan, mayoritas pengunjung memilih pantai sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan masa sisa libur Lebaran bersama keluarga.

"70 persen ke pantai. Selebihnya menyebar ke unit-unit rekreasi yang ada di Ancol," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, hari kedua Lebaran, kawasan wisata pantai Ancol Taman Impian dikunjungi ribuan wisatawan. Tercatat sampai pukul 12.00 siang hari ini, sekitar 49 ribu pengunjung memasuki kawasan Ancol.

Berdasarkan data terbaru, jumlah pengunjung mencapai 60.531 orang. Adapun mobil mencapai 6.561 dan motor 5.641 hingga Sabtu pukul 13.01 WIB.

Dengan sejumlah wahana hiburan dan atraksi menarik, sejumlah pengunjung memadati kawasan pantai dan unit rekreasi lainnya. Di pantai sendiri, pengunjung dapat menyaksikan atraksi jet ski dan flying board. 

Selain dapat bermain air di beach pool, pengunjung dapat berwisata bahari mengarungi pantai Ancol dengan menaiki perahu wisata. Hal tersebut menjadi bagian wahana hiburan yang tersedia di kawasan pantai Ancol Taman Impian.

Didampingi para nelayan yang terlatih, pengunjung dapat merasakan semilir angin laut dari perairan teluk Jakarta. Tidak perlu khawatir karena setiap perahu dilengkapi dengan alat pengaman yang cukup seperti life jacket. Para nelayan perahu wisata ini dengan senang hati mengantar pengunjung mengelilingi tepi pantai Ancol.

Berdurasi sekitar 20 menit, pengunjung dapat menikmati sensasi ombak pantai Ancol. Untuk menjamin keamanan dan kenyaman pengunjung, disiagakan juga 266 personel keamanan dari internal dan eksternal (TNI, Polri, Pramuka, dan Satpol PP) yang tersebar di seluruh kawasan Ancol.

"Dengan tenaga pengamanan yang dua kali lipat kami harap pengunjung dapat berekreasi di Pantai Ancol dengan aman dan nyaman" ujar Sunarto, General Manager Ancol Taman Impian, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu 16 Juni 2018.

Selain itu ratusan bus wara wiri dan kereta sato-sato disiagakan untuk mengantar seluruh pengunjung ke tempat tujuan wisatanya, karena mulai hari ini sampai tanggal 18 Juni diberlakukan sistem parkir terpusat.

Pengunjung cukup memarkir kendaraan di kantong parkir yang tersedia dan naik bus wara wiri secara gratis. "Sistem parkir terpusat ini kami berlakukan sebagai upaya meningkatkan kenyaman pengunjung yang berwisata di kawasan Ancol, untuk menghindari kepadatan kendaraan di kawasan Ancol," tambah Sunarto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.