Sukses

Sambut Asian Games 2018, Listrik GBK Dipasok dari 5 Subsistem

Sebagai langkah antisipasi, PLN Disjaya juga telah mempersiapkan cadangan pasokan listrik dengan pemasangan UPS dan genset.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memastikan kesiapan pasokan listrik selama penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan berlangsung dua bulan lagi. PLN telah menyiapkan pasokan utama dan pasokan cadangan untuk menjaga pasokan listrik selama gelaran olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut. 

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), M. Ikhsan Asa'ad, menyatakan bahwa pasokan listrik untuk Asian Games 2018 dipastikan berjalan lancar dan juga aman.

"Untuk Asian Games 2018, perkuatan jaringan distribusi sudah diselesaikan oleh PLN Disjaya. Kurang lebih 31 venue yang berpusat di Gelora Bung Karno (GBK) dan Wisma Atlit, setiap venue yang ada sudah di-backup pasokan listriknya minimal dari dua subsistem," tuturnya kepada wartawan di Gambir, Jumat (15/6/2018).

Ikhsan menambahkan, khusus untuk GBK listrik akan dipasok dari 5 subsistem. "Bahkan untuk GBK sendiri, listriknya dipasok dari lima subsistem, jadi sangat handal," kata dia.

Adapun pasokan listrik utama kawasan GBK berasal dari tiga subsistem, yakni subsistem Muara Karang, Bekasi-Priok, dan Kembangan. Sedangkan dua subsistem lainnya ditambahkan dari Jakarta untuk memperkuat pasokan di GBK.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cadangan Pasokan Listrik

Sebagai langkah antisipasi, PLN Disjaya juga telah mempersiapkan cadangan pasokan listrik dengan pemasangan UPS dan genset.

PLN menyediakan 51 buah UPS dengan kapasitas total 6.290 kVA dengan berbagai kapasitas yang lokasi penempatannya tersebar di beberapa venue pertandingan.

"Jadi GBK akan dipasok atau di-backup dengan UPS kapasitas 4 x 500 kVA untuk lampu-lampu arena. Sehingga kalaupun terjadi gangguan itu tidak akan terjadi masalah disana," ujar Ikhsan.

Sementara itu, PLN juga mempersiapkan 22 genset dengan kapasitas total 24.800 kVA serta menjaga pasokan listrik di hotel-hotel tempat atlit menginap dan juga rumah sakit.

"Total, ada 22 hotel official dan 15 rumah sakit rujukan yang sudah diidentifikasi dan diawasi pasokan listriknya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.