Sukses

Hidupkan Ekonomi di Jalur Mudik, Kemenhub Siapkan Rest Area di Luar Tol

Kementerian Perhubungan akan memfungsikan berbagai rumah makan di sepanjang jalan nasional Semarang-Jakarta untuk dijadikan tempat peristirahatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut memanfaatkan musim mudik Lebaran 2018 ini untuk menggeliatkan perekonomian di sekitar jalur mudik di Pulau Jawa. Salah satunya adalah dengan menyiapkan 24 rest area dan parkir di sepanjang jalan arteri di sisi ruas tol yang terhubung dari Semarang hingga Jakarta.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, rest area ini merupakan sebuah bentuk promosi terhadap beberapa kota di sekitar jalur tol untuk jadi destinasi wisata bagi para pemudik, mulai dari mengisi perut hingga belanja cindera mata.

"Kami sediakan 12 rest area dari Semarang sampai Cikampek, dan 12 dari Cikampek sampai Jakarta. Kami juga akan mem-promote kota-kota di sepanjang jalur mudik sebagai tempat rest area, mulai dari tempat membeli oleh-oleh dan tempat makan," urai dia di Jakarta, seperti dikutip Jumat (15/6/2018).

"Secara khusus, kami akan membuat suatu kampanye milir (mudik hilir) ini, di mana masing-masing kota dengan kearifan lokalnya jadi satu bagian yang membuat kegiatan ritual akbar (mudik Lebaran) menjadi kegiatan wisata," tambahnya.

Dia pun ikut mengajak pihak-pihak terkait lain seperti pemerintah daerah, BUMN dan swasta untuk mengkampanyekan program ini agar pemudik mau singgah berwisata di kota-kota yang dilaluinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsikan Rumah Makan

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyatakan, Kementerian Perhubungan akan coba memfungsikan berbagai rumah makan di sepanjang jalan nasional Semarang-Jakarta untuk dijadikan tempat peristirahatan sementara pemudik.

"Jadi sekarang pak Menteri (Budi Karya Sumadi) punya program, dari Semarang mau ke Jakarta, rest area ada di luar tol. Sehingga pemudik bisa makan dan beli oleh-oleh di sana," ujar dia.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga mengimbau kepada pihak operator jalan tol, untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas dari masing-masing rest area yang tersedia di jalur tol.

"Artinya, kalau memiliki toilet itu harus lebih banyak, lebih bersih, dan dipelihara dengan baik," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.