Kereta Mewah Sleeper Laris Dipesan Pemudik, Begini Kata Menhub

Oleh Bawono Yadika pada 11 Jun 2018, 20:30 WIB
Kereta Sleeper (Dok Foto: Facebook PT KAI)

Liputan6.com, Jakarta Tike kereta mewah Sleeper yang dijual PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) laris dipesan penumpang untuk beberapa tanggal keberangkatan. Adapun kereta Sleeper ini dijadwalkan mengangkut pemudik periode 12 Juni hingga 25 Juni 2018.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, dari situs pembelian tiket online seperti Tiket.com, tiket kereta Sleeper untuk tanggal 12 Juni sudah ludes terjual. Sedangkan untuk arus balik dari Surabaya-Jakarta melalui Traveloka pada 16 Juni 2018 tersisa 16 kursi.

Menanggapi larisnya tiket kereta sleeper tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bergurau bahwa tiket sebaiknya perlu ditambah lagi.

"Kalau laris dan habis ya berarti harus bangun lagi dong," ujar dia di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (11/06/2018).

Budi juga menambahkan bahwa fenomena tersebut bukanlah suatu hal yang mengagetkan. Pasalnya, masyarakat Indonesia terdiri dari banyak kelas, termasuk menengah ke atas.

"Masyarakat kita kan terdiri dari beberapa segmen, ada yang punya uang, ada yang sedang dan ada yang kelas ekonomi. Jadi meski waktu tempuh menggunakan kereta terbilang cukup lama, namun dengan adanya fasilitas first class masyarakat akan tetap antusias menjajalnya," ujarnya.

"Jadi meski kereta sekalipun lama tapi ada suatu keinginan, ada rasa kangen terhadap kereta api. Kalau bisa di serve dengan fasilitas itu, mereka senang,” kata dia.

1 of 2

Beroperasi Besok, Harga Promo Tiket Kereta Sleeper KAI Rp 900 Ribu per Orang

Kereta Sleeper (Dok Foto: Facebook PT KAI)
Kereta Sleeper (Dok Foto: Facebook PT KAI)

Yang ditunggu para pecinta kereta api telah tiba. Kereta mewah sleeper dari PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (persero) mulai beroperasi perdana besok, 12 Juni 2018. Harga promo tiket kereta kelas luxury iini sebesar Rp 900 ribu per orang. 

PT KAI merangkai empat kereta sleeper tersebut ke empat kereta (KA) Argo Bromo Anggrek dengan tujuan Gambir-Surabaya Pasarturi.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, harga tiket untuk layanan eksklusif terbaru ini dibanderol Rp 900 ribu per orang.

"Tarif ini merupakan harga promo yang berlaku selama sebulan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket via berbagai channel pemesanan tiket KAI mulai hari ini," kata Edi dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat dapat dinikmati pengguna jasa kereta mewah sleeper selama perjalanannya.

Mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headsetUSB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi.

Satu kereta sleeper hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis.

Lanjutkan Membaca ↓