Sukses

Usai Blusukan ke Pasar, Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil

Mendag berkunjung ke Palangka Raya dan langsung melakukan pantauan di dua pasar yakni Pasar Besar dan Pasar Kahayan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa pasokan bahan pokok dan bahan pangan aman. Oleh karena itu tidak perlu ada ketakutan kenaikan harga pada periode Lebaran 2018.

"Kami menyatakan harga stabil berdasarkan hasil pantauan saya dan tim dari eselon satu di Kementerian Perdagangan yang turun langsung ke 34 provinsi," ujar Enggartiasto kepada wartawan saat berkunjung ke sejumlah pasar di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) , Sabtu (9/6/2018).

Jika ada terdapat kenaikan harga di beberapa daerah, ia memastikan bahwa kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan dan pihaknya akan bersama-sama pemerintah daerah akan langsung memasok bahan pangan yang harganya naik.

"Kenaikan harga itu terjadi karena pasokan berkurang sementara permintaan banyak. Untuk mengatasinya kita kan suplay, "ujarnya.

Seperti yang terjadi di Palangka Raya saat ini, hanya harga ayam potong yang naik tetapi tidak juga signifikan. "Kami tetap akan lakukan pembahasan dan rapat dengan tim satgas pangan. "tutur dia. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Pasar

Seperti diketahui Enggartiasto berkunjung ke Palangka Raya dan langsung melakukan pantauan di dua pasar yakni Pasar Besar dan Pasar Kahayan.

"Memang ada perbedaan harga dari pasar pertama dengan pasar kedua, pasar pertama adalah pasar induk sedangkan pasar yang kita tinjau kedua adalah dengan pasar biasa. Namun tinggal masyarakat yang memilih,"  kata dia.

Tidak ada perbedaan harga yang signifikan karena menurutnya, Kementerian Perdagangan telah memasok bahan pangan. Sahal satu contohnya adalah pasokan daging dengan harga Rp 80 ribu per kilogram (kg). Pasokan dari kementerian perdagangan ini merupakan cara untuk menstabilkan harga.

"Masyarakat bisa memilih mau daging yang murah ada daging yang dibekukan atau mau daging yang mahal yakni daging segar dengan harga 120 ribu per kg," kata dia.

Sementara ketersediaan beras oleh Bulog yang dijual dengan harga Rp 9.400 per kg sedangkan di pasar Rp 9.800 per kg. "Bawang merah, bawang putih dan gula aman persedian banyak dan harga stabil," pungkas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.