6 Jurus Jitu Beli Baju Lebaran Incaran tapi Bisa Tetap Hemat

Oleh Fitriana Monica Sari pada 12 Jun 2018, 04:30 WIB
Diperbarui 12 Jun 2018, 04:30 WIB
5 Momen Seru Jelang Lebaran Paling Dinanti
Perbesar
Ilustrasi membeli baju baru bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran sudah semakin dekat, apa Anda sudah siap menyambutnya? Selain identik dengan ketupat, lebaran juga identik dengan barang-barang baru, seperti beli baju baru.

Meski baju baru memang bukan hal yang diharuskan, namun kebanyakan masyarakat tetap berbelanja baju baru agar dapat tampil terbaik saat hari raya nanti dan saat bersilahturahmi dengan sanak saudara. Apalagi, bonus THR juga sudah turun, tentu hal ini sangat dimanfaatkan.

Biasanya sebelum lebaran, baik mall, pasar swayalan, hingga pusat grosir akan dipenuhi oleh lautan manusia yang siap memburu baju-baju baru untuk lebaran.

Namun, banyak orang yang akhirnya justru boros saat momen seperti ini. Ini dikarenakan kebanyakan orang membeli baju lebaran berdasarkan apa yang diinginkan bukan apa yang dibutuhkan.

Akibat pemborosan inilah yang akhirnya malah membuatnya tidak punya uang saat lebaran. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda, bukan?

Untuk menghindari hal tersebut tak terjadi, Anda perlu mempunyai strategi agar tidak boros dan tetap dapat hemat saat membeli baju lebaran. Berikut beberapa tips hemat membeli baju lebaran, seperti dirangkum Liputan6.com:

1. Tentukan baju yang mau dibeli sebelum belanja

Saat belanja tanpa perencanaan apa yang mau dibeli, justru akan membahayakan karena nantinya kita akan dibuat kalap dan berujung pada pemborosan. Oleh karenanya, ada baiknya sebelum belanja, coba tentukan dahulu mau belanja apa, misalnya gamis, baju koko, atau lainnya. Buatlah daftar baju lebaran apa saja yang ingin dibeli dan ditunjukan untuk siapa.

2 dari 4 halaman

2. Tentukan bujet

banner infografis gaji pns dki
Perbesar
Ilustrasi Gaji

Setelah membuat daftar baju lebaran apa saja yang ingin dibeli, selanjutnya waktunya untuk menentukan bujet. Ada baiknya sebelum berbelanja, Anda mengetahui berapa jumlah uang yang akan digunakan untuk berbelanja baju lebaran. Jangan berbelanja melewati bujet yang telah ditentukan, ya!

3. Bawa uang tunai secukupnya

Jika Anda berniat untuk membeli baju lebaran secara langsung di tempat yang ramai dan berdesak-desakan, alangkah baiknya untuk membawa uang tunai secukupnya saja di dompet. Hal ini untuk menghindari agar tidak terkena tindak kriminal dan agar tidak boros.

3 dari 4 halaman

4. Cari baju diskon

20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Perbesar
Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Menjelang lebaran, banyak pusat perbelanjaan yang menyelenggarakan waktu diskon. Yuk, manfaatkan program ini untuk Anda yang ingin mencari baju lebaran murah. Jangan lupa update melalui media sosial agar tidak kelewatan saat diskon dimulai, ya.

5. Teliti saat memilih baju

Saat memilih baju lebaran, sebaiknya tidak perlu terburu-buru. Cobalah untuk santai dan teliti dalam mencari baju lebaran yang diinginkan. Dengan teliti, Anda bisa mendapatkan baju lebaran terbaik dengan harga murah. Dan tentunya, hal ini untuk menghindari penyesalan nantinya.

4 dari 4 halaman

6. Belanja online

Orang belanja online
Perbesar
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Bagi Anda yang malas berdesak-desakan, pusing melihat keramaian, atau malas muter-muter dan mudah pegal, Anda bisa coba membeli baju lebaran secara online. Di zaman teknologi yang canggih seperti ini, belanja online tentunya sangat memudahkan kita dalam memilih baju lebaran yang diinginkan karena cukup bermodalkan smartphone dan jari saja.

Tak hanya itu, biasanya toko online juga suka memberikan banyak potongan harga sebelum lebaran, hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda yang ingin berbelanja lebih murah.

Lanjutkan Membaca ↓