Sukses

3 Ruas Tol Trans Sumatera Siap Dilalui Pemudik

Ini tiga ruas tol Trans Sumatera yang siap dibuka untuk mudik Lebaran 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga ruas jalan tol Trans Sumatera milik PT Hutama karya (Persero) siap dibuka untuk melancarkan arus mudik Lebaran 2018. Di antaranya adalah jalan tol Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, ada sepanjang 89,6 kilometer (km) tol yang dapat dilintasi para pemudik.

“Total panjang ruas tol ini terbagi atas 31,4 km tol operasional dan 58,2 km tol fungsional,” papar Bintang kepada wartawan, Rabu (6/6/2018).

Khusus bagi pemudik yang akan melintasi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, selama musim mudik Lebaran 2018 masih belum dikenakan biaya tol alias gratis.

“Untuk ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, terdiri dari jalur tol yang telah operasional, yaitu mulai dari akses Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km dan SS Lematang menuju SS Kotabaru sepanjang 5 km,” ungkap Bintang.

Adapun untuk jalur fungsional di tol Bakauheni-Terbanggi Besar, terdiri dari SS Bakauheni menuju SS Sidomulyo sepanjang 30,5 km dan akses Gunung Sugih ke Terbanggi Besar sepanjang 10 km.

Direktur Jalan Tol Hutama Karya, Bambang Pramusinto menambahkan, ruas tol Palembang-Indralaya dapat dilalui pemudik adalah sepanjang 22 km yang terbagi atas 15 km jalur fungsional, yakni seksi Pemulutan ke SS KTM dan dari SS Pemulutan menuju Indralaya, serta 7 km jalur operasional di seksi Palembang ke Pemulutan.

“Khusus untuk seksi Palembang-Pemulutan dikenakan tarif tol Rp 6.000,” terang Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Medan-Binjai

Untuk di Sumatera Utara, jalan tol Medan-Binjai juga sudah siap dilalui dengan total keseluruhan sepanjang 13,2 km yang terdiri atas 2,7 km jalur fungsional di seksi 1 dari Helvetia sampai Jalan Veteran, dan 10,5 km jalur operasional pada seksi 2 Semayang ke Helvetia, serta Seksi 3 Binjai ke Semayang.

“Untuk tol Semayang-Helvetia dikenakan tarif tol Rp 6.000, sedangkan Binjai-Semayang biaya tolnya sebesar Rp 4.000. Bagi pemudik yang menggunakan tol dari Binjai hingga Helvetia atau sebaliknya dikenakan tarif Rp 10.500,” tambah Bambang

Seperti diketahui, dalam rangka menyambut arus mudikLebaran 2018, Hutama Karya telah memastikan bahwa ruas-ruas tol Trans Sumatera yang akan dilalui oleh pemudik dalam keadaan siap dan layak untuk difungsikan.

“Untuk hari raya Lebaran, kami sudah siapkan fasilitas berupa tempat istirahat bagi para pemudik di berbagai titik yang berisi mushola, toilet, serta fasilitas isi ulang (top-up) uang elektronik,” katanya.

Di samping tempat peristirahatan sementara, Hutama Karya juga sudah menyiapkan sarana layanan tol lain seperti Patroli Jalan Raya (PJR), mobil derek, ambulans, mobil rescue untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengendara.

“Khusus di ruas tol Kotabaru-Lematang, tepatnya di Kotabaru, kami juga menyediakan satu landasan helikopter (helipad) untuk mengantisipasi apabila sewaktu waktu terdapat keadaan darurat yang memerlukan penanganan khusus dengan helikopter dari petugas berwenang,” pungkas Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini