Sukses

Tiru 10 Kebiasaan Orang Sukses di Usia 30-an

Terapkan 10 kebiasaan orang sukses agar peluang sukses tetap terbuka lebar, meski usia sudah tak lagi muda.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti ingin sukses, kendati standar kesuksesan dari masing-masing individu berbeda-beda. Memiliki rumah mewah dengan halaman yang luas, diterima di perusahaan multinasional dengan gaji puluhan juta, atau menjadi seorang pengelana yang bisa keliling dunia gratis.

Hal ini menunjukkan bahwa standar kesuksesan tidak bisa disamakan satu sama lain.  Dan satu lagi, kesuksesan tidak mengenal usia. Tidak sedikit orang-orang yang bahkan baru menemui jalan kesuksesannya ketika ia memasuki usia 30-an. Tak ada kata terlambat untuk meraih sukses, meski usia sudah menginjak "kepala 3", peluang sukses tak serta-merta meredup.

Mengejar atau mempertahankan kesuksesan akan bergantung pada bagaimana Anda menyikapi setiap kesempatan. Oleh karena itu, penting untuk tetap memperhatikan kebiasaan hidup yang Anda jalani. 

Dikutip dari Swara Tunaiku, ikuti 10 kebiasaan orang sukses berikut ini, agar peluang sukses tetap terbuka lebar meski usia sudah tak lagi muda:

1. Pertahankan gaya hidup sederhana

Memasuki usia 30-an, Anda mungkin sudah hidup mapan dengan jabatan minimal senior. Anda sudah bisa menikmati menikmati hasil dari pekerjaan yang stabil dan gaji yang lumayan. Meski demikian, jangan lantas mengubah gaya hidup. Tetap low profile dan alokasikan penghasilan secara bijak. Percuma saja menerapkan gaya hidup mewah, kalau tak bisa menabung untuk masa depan. 

2. Selektif membaca berita

Membaca adalah jendela dunia. Hal ini tetap berlaku di mana pun tahapan hidup yang Anda jalani saat ini. Dengan cara ini, Anda selalu akan selalu mendapatkan informasi terbaru dari seluruh dunia.

Namun, perlu diingat, jangan terjebak pada berita hiburan yang terkadang kurang berfaedah. Coba lebih selektif dalam membaca berita dan fokus pada topik pemberitaan yang bisa menambah wawasan. Misalnya, berita ekonomi dan politik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Nikmati proses kehidupan

Fokus pada pekerjaan memang wajib, tetapi bukan berarti Anda tidak memperhatikan setiap proses kehidupan yang terjadi setiap harinya. Jalani kehidupan Anda dengan lebih rileks dan nikmati setiap proses yang semesta takdirkan untuk Anda alami setiap detiknya. 

4. Bangun lebih pagi

Memasuki usia 30-an dan diberkahi pekerjaan yang sudah lebih stabil bukan alasan untuk mulai mengendurkan semangat dan mulai sedikit bermalasan-malasan. Kebiasaan bangun pagi harus tetap dijaga, bahkan jika saat akhir pekan sekali pun.

Awali akhir pekan dengan bangun pagi untuk tetap produktif. Lakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti hobi, olahraga, atau berbagai keahlian untuk menambah skill dan kemampuan Anda.

 

3 dari 5 halaman

5. Tertarik untuk memulai bisnis?

Memiliki modal dan tabungan yang sudah terkumpul atau justru mulai merasa tidak cocok dengan sistem kerja kantoran? Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk mulai merintis usaha sendiri.

Meski usia tak lagi muda, tetapi selama ini Anda sudah lebih mengenal asam-garam dalam dunia kerja. Nah, manfaatkan semua ilmu yang Anda dapat untuk merintis perusahaanmu sendiri!

6. Berhenti berutang

Memasuki usia 30 tahun, sudah saatnya untuk menikmati penghasilan dan kemapanan. Jangan sampai di fase ini Anda masih dihantui oleh jerat utang.

Manfaatkan kemapanan di fase ini untuk mulai membereskan semua kewajiban utang yang belum selesai. Niscaya Anda akan lebih bisa menikmati dan menjalani hidup dengan lebih enteng. 

 

4 dari 5 halaman

7. Terhubung dengan dunia luar

Sudah saatnya Anda terbebas dari zona nyaman dan mulai mencari relasi di dunia yang lain. Bisa dengan bergabung di sebuah komunitas yang sehobi atau klub olahraga. Saat memasuki usia 30-an, sudah sewajarnya Anda tetap aktif dalam bersosialisasi.

Tak melulu menjalin relasi dengan teman-teman kantor. Cobalah mencari relasi di luar pekerjaan yang akan membuat Anda makin kaya dalam kehidupan ini. 

8. Beralih ke makanan sehat

Makanan sehat memiliki dampak positif bagi kesehatan. Selain menjaga Anda tetap bugar dan bisa terhindar dari penyakit, makanan sehat bisa menjaga produktivitas Anda. Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada jalan kesuksesan Anda.

Oleh karena itu, mulai biasakan menyantap pada makanan sehat. Hindari fast food yang berisiko meningkatkan kadar kolesterol dan penyakit lainnya.

5 dari 5 halaman

9. Mulai investasi

Sudah saatnya Anda menambah penghasilan dengan berinvestasi. Investasi sering jadi pilihan karena uang akan terus berputar tak sia-sia. Jika investasi Anda berhasil, Anda pun tak akan lagi dipusingkan masalah keuangan. Bukan tidak mungkin, pensiun dini bisa Anda nikmati lebih cepat. 

10. Rutin berolahraga

Tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat. Karena usia tak lagi muda, Anda harus mulai memperhatikan kesehatan. Biasakan berolahraga secara rutin, seperti nge-gym atau jogging di sekitar rumah. Atau bisa juga futsal dengan teman-teman kantor di kala libur. Selain sehat, Anda bisa memperkuat kekompakan dengan teman-temanmu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.