Kapitalisasi Pasar Saham Apple Dekati USD 1 Triliun

Oleh Agustina Melani pada 06 Jun 2018, 14:18 WIB
PHOTO: Ini Wujud Mewah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang Siap Beredar

Liputan6.com, Jakarta - Kapitalisasi pasar saham Apple kian mendekati USD 1 triliun. Apple bakal jadi perusahaan Amerika Serikat (AS) pertama bernilai USD 1 triliun.

Kapitalisasi pasar saham Apple tercatat USD 945 miliar. Saham Apple naik lebih dari 13 persen pada 2018, jauh lebih baik dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai kapitalisasi pasar USD 1 triliun, saham Apple harus naik enam persen menjadi USD 202,30 per saham.

Sejumlah pihak menilai Apple membutuhkan produk baru untuk mempertahankan penjualan dan meningkatkan laba. Apple mendekati kapitalisasi pasar USD 1 triliun berkat penjualan solid dari iPhone 8 dan X terutama di China dan Jepang. Serta pendapatan dari App store.

Penjualan Apple meningkat 16 persen dalam tiga bulan pertama 2018. Angka tersebut juga tidak buruk untuk perusahaan besar.

Perseroan juga telah pakai USD 267 miliar untuk meningkatkan dividend an membeli kembali saham sebagai imbalan kepada investor termasuk Warren Buffett. Demikian mengutip laman CNN Money, Rabu (6/6/2018).

Perusahaan investasi Berkshire Hathaway membeli hampir 75 juta saham Apple pada kuartal I 2018. Selain sentimen perusahaan investasi Buffett beli saham Apple, kenaikan harga saham juga didorong dari euforia investor di sektor teknologi.

 

2 of 2

Selanjutnya

Jeff Bezos
Jeff Bezos (AP PHOTO)

Selain itu, Amazon juga mencatatkan harga saham tertinggi sepanjang masa sehingga dorong kapitalisasi pasar saham lebih dari USD 800 miliar. Kenaikan harga saham Amazon mengangkat kekayaan CEO Amazon Jeff Bezos hingga hampir USD 140 miliar.

Induk usaha Google yaitu Alphabet dan Microsoft juga mencatatkan rekor tertinggi. Kapitalisasi pasar saham masing-masing dua perusahaan itu lebih dari USD 775 miliar.

Sedangkan saham Facebook sempat hadapi skandal Cambridge Analytica sehingga menekan harga sahamnya. Kapitalisasi pasar saham Facebook hampir USD 560 miliar.

Kapitalisasi pasar saham Apple, Amazon, Microsoft, dan Facebook kini kalau digabung mencapai USD 3,9 triliun.

Adapun Apple tidak akan menjadi perusahaan publik pertama yang melampaui angka triliunan dolar. Raksasa minyak PetroChina mencapai valuasi triliunan dolar AS pada 2007 ketika sahamnya mulai diperdagangkan di Shanghai. PetroChina yang terdaftar di Bursa Efek New York pada USD 240 miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓