Sukses

Kapan Tiket Kereta Sleeper Bisa Dipesan Buat Mudik 2018?

Jumlah sleeper class yang tersedia selama masa mudik nanti ialah sebanyak empat gerbong.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api (KA) Pariwisata selaku anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan, pemudik sudah bisa memesan tiket kereta dengan gerbong khusus bernama sleeper class beberapa hari jelang Lebaran 2018. Gerbong kereta tersebut dikenal karena memiliki fasilitas tempat tidur yang memungkinkan penggunanya dapat beristirahat tenang selama dalam perjalanan.

Presiden Direktur PT KA Pariwisata Totok Suryono mengatakan, pihaknya akan mulai menjual tiket kereta gerbong sleeper class itu mulai 10 Juni 2018.

"Kita akan mulai mengoperasikan kereta tersebut pada 11 Juni, dan mulai menjualnya pada 10 Juni (H-1 sebelum dioperasikan," jelas dia di kantornya di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Namun begitu, dia masih belum menyebut secara rinci, berapa harga jual pasti tiket gerbong kereta yang diproduksi oleh PT INKA (Persero) tersebut.

Totok menyebutkan, jumlah sleeper class yang tersedia selama masa mudik nanti ialah sebanyak empat gerbong. Akan tetapi, ia menegaskan, PT KA Pariwisata tidak serta merta akan mengoperasikan keempat-empatnya.

"Dari empat gerbong, kita hanya memakainya tiga. Sisa satunya itu untuk cadangan," ujar dia.

Dengan begitu, dia menekankan, jumlah kursi yang tersedia untuk gerbong sleeper car tersebut terhitung hanya sebanyak 54 seat untuk tiga gerbong.

"Jadi masing-masing sleeper car itu isinya ada 18 seat, yang akan mulai dijual pada 10 Juni 2018 nanti," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan dari Inka

Sebelumnya, PT INKA (Persero) telah mengerjakan pesanan kereta eksekutif kelas sleeper seat yang akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau disebut KAI.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menuturkan Sleeper Class ini akan menjadi produk andalan terbaru KAI yang bakal beroperasi tahun ini.

"Kita memang sedang memesan Sleeper itu ke INKA. Rencananya tahun ini kita bisa operasikan 4 kereta Sleeper. Kita targetkan bisa operasi saat angkutan Lebaran 2018," kata dia kepada Liputan6.com.

Di kereta sleeper ini, KAI menawarkan berbagai fasilitas mulai dari TV, music, wifi, selimut, makanan dan toilet yang eksclusive. Layaknya pesawat kelas eksekutif, penumpang bisa mengubah posisi tempat duduk menjadi tempat tidur yang nyaman.

"Jadi nanti aplikasinya akan dirangkaikan ke kereta reguler jarak jauh seperti KA Argo Anggrek (Gambir-Surabaya) dan KA Gajayana (Gambir-Malang)," tambah Edi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.