Sukses

Puncak Arus Mudik Bergeser, Jadi H-6 Lebaran

Tujuan mudik di urutan pertama adalah Jawa Tengah dengan 28 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub) melaporkan hasil temuan terkait mudik Lebaran 2018, yang salah satunya memperkirakan bahwa puncak arus mudik tahun ini secara hari akan bergeser lebih awal.

Kepala Balitbang Kemenhub Sugihardjo menyampaikan, Kementerian Perhubungan meramal bahwa kepadatan arus mudik terbesar kali ini akan terjadi antara H-6, sementara puncak arus baliknya sehari setelah hari raya umat Islam tersebut.

"Untuk puncak arus mudik berdasarkan survei, itu terjadi pada H-6 Lebaran, yakni Sabtu 9 Juni 2018 dan hari pertama Lebaran. Adapun puncak arus balik itu akan terjadi pada H+3 Lebaran, yaitu 19 Juni 2018," kata dia di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Dia menjelaskan, Kemenhub sebelumnya memprediksi bahwa puncak arus mudik itu akan tiba pada 13 Juni 2018. "Tapi karena libur cuti diperpanjang, ini jadi geser," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Survei ini dilakukan oleh Balitbang Kemenhub terhadap 4.075 responden dengan menggunakan metode online. Sebanyak 76 persen respondennya berasal dari aplikasi Whatsapp, 14 persen dari website Kemenhub, 2 persen di situs Facebook, 2 persen Line, 1 persen Instagram, dan sisa 5 persen dari sumber lainnya.

Sugihardjo menambahkan, penelitian yang dilakukan timnya menemukan bahwa jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek, yakni 60 persen. Dari jumlah tersebut, sebagian besar merencanakan untuk pulang kampung ke area Jawa Tengah.

"Tujuan mudik urutan pertama yaitu sebesar 28 persen adalah Jawa Tengah, kedua 13 persen Jawa Timur, ketiga 10 persen Jawa Barat, dan terakhir 9 persen Yogyakarta," dia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.