Sukses

Makan Siang Bersama Warren Buffett Perlu Rogoh Kocek Rp 41,89 Miliar

Makan siang tersebut merupakan gerakan amal yang diinisiasikan oleh miliarder Warren Buffett.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini diketahui ada seseorang tak dikenal rela merogoh kocek hingga USD 3 juta atau Rp 41,89 miliar (1 USD= Rp 13.963) hanya untuk bisa makan siang bersama miliarder Warren Buffett. 

Namun jangan salah sangka dulu, makan siang ini merupakan gerakan amal yang diinisiasikan oleh miliarder dunia tersebut. Hasilnya akan dibagikan Glide Foundation yaitu sebuah yayasan yang membantu para tunawisma dan orang-orang miskin lainnya untuk memperoleh hidup yang lebih layak. 

Ditutup pada Jumat lalu, lelang ini berhasil ditutup dengan penawaran sebesar Rp 41 miliar. Demikian seperti dilansir dari laman CNBC, Jumat (8/6/2018). 

Setiap tahun Warren Buffett melakukan gerakan amal ini dan telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak USD 26 juta atau Rp 358 miliar. Demikian menurut EBay for Charity. 

Adapun yang memenangkan lelang ini diperbolehkan untuk membawa tujuh temannya menikmati makan siang di Smith & Wollensky steakhouse di New York City. Pemenang lelang ini juga hampir menyentuh sebagai harga tawaran tertinggi sejauh ini yaitu sekitar USD 3.456.789. Warren Buffett selaku inisiator mengaku senang untuk bisa berbagi melalui yayasan ini. 

"Yayasan ini benar-benar membantu seseorang dari bawah untuk bisa bangkit kembali. Mereka telah melakukannya hampir satu dekade. Jika saya bisa membantunya dalam hal mencarikan uang, maka saya senang," tutur dia. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengulang Tahun Lalu

Pada tahun lalu, Warren Buffett juga melakukan hal yang sama. Ia membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin menikmati santap siang dengannya. Namun, bagi yang berminat, mereka harus rela mengeluarkan uang tak sedikit.

Lelang makan siang dengan Buffett itu digelar secara online melalui laman lelang eBay selama hampir sepekan. Tawaran tertinggi datang dari seseorang yang rela membayar hingga US$ 2,68 juta atau stara Rp 35,6 miliar.

Namun, uang tersebut tidaklah dipakai untuk kepentingan pribadi. Keuntungan yang didapat akan disumbangakan sebagai dana amal untuk makanan, perawatan kesehatan dan layanan lainnya bagi orang tua tuna wisma dan berpenghasilan rendah di San Fransisco.

Uang tersebut akan diberikan dengan melalui badan amal Yayasan Glide. Lelang makan siang yang sudah berlangsung dari tahun 2000 ini telah mengumpulkan dana sumbangan lebih dari US$ 26 juta.

Meski pemenang lelang tahun ini harus membayar sebesar US$ 2,68 juta, angka lelang tersebut turun dari tahun sebelumnya yakni US$ 3,46 juta. Pemenang dapat mengundang tujuh tamu untuk bergabung makan siang dengan Buffet di restoran steak New York Smith & Wollensky.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.