Sukses

6 Hal yang Tak Boleh Dilupakan Saat Wawancara Kerja

Saat wawancara kerja, ada beberapa hal penting yang tak boleh Anda lewatkan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang terbilang pemula untuk mengikuti wawancara kerja (interview) ada baiknya Anda menyiapkan segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Hal ini bisa diatasi dengan membawa barang-barang yang Anda rasa perlu untuk dibawa saat wawancara kerja.

Tak hanya itu, untuk Anda yang juga terbilang sering mengikuti interview, Anda juga pasti telah terlatih mengisi waktu-waktu kosong yang ada agar lebih bermanfaat di sela-sela waktu. 

Melansir dari Inquirer.Net, Selasa (5/6/2018) menyebutkan ada beberapa hal esensial yang tidak boleh dilupakan saat melakukan wawancara kerja. Salah satunya antara lain ialah menyiapkan tas tambahan untuk menyimpan berkas-berkas lamaran Anda. Apa lagi yang kemudian perlu disiapkan selain hal tersebut?

Berikut penjelasannya: 

1. Taruh Berkas Anda di Satu Map

Yang pertama dan paling penting ialah menempatkan berkas-berkas lamaran Anda secara rapidan tertata. Hal ini salah satunya adalah dengan menyimpanya di satu map yang aman agar tidak mudah tercecer. 

Untuk memudahkan proses wawancara kerja Anda serta meningkatkan kepercayaan diri Anda, siapkanlah semua ini dengan baik. Tidak sedikit karena masalah berkas lamaran, seseorang atau kandidat jadi merasa kurang percaya diri ataupun merasa kurang persiapan. 

2. Bawa Tas Kecil Tambahan Jika Perlu

Jika dirasa perlu untuk membawa tas kecil tambahan, bawalah hal ini pada saat hari wawancara kerja. Persiapkan segalanya sedini mungkin termasuk menyimpan semua keperluan dalam tas Anda kemudian. Tas tambahan ini bisa Anda optimalkan untuk menyimpan peniti, paperclip, fotokopi ktp, maupun pulpen di hari tersebut. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan Lupa Pulpen

Poin berikutnya adalah jangan lupakan alat tulis. Sebagaimana dalam proses wawancara kerja manapun, Anda pasti perlu untuk menuliskan sesuatu ataupun memenuhi persyaratan khusus dengan aktifitas menulis. Untuk itu, siapkan alat tulis baik itu pulpen maupun pensil. Ini membuat Anda merasa aman pada situasi wawancara kerja nantinya. 

4. Simpan Dokumen Anda di Satu Folder USB 

Untuk keperluan mendadak, tentu tidak salah jika Anda harus menyimpan dokumen pelamaran kerja Anda di satu folder khusus dalam USB Anda. Selain menjadikan Anda siap untuk kapanpun dipanggil, ini sekaligus melatih Anda untuk senantiasa menyimpan file cadangan di beberapa tempat lain seperti dalam hal ini USB.

 

3 dari 3 halaman

5. Dandan

Dandan di sini berlaku untuk wanita maupun pria. Bagi Anda seorang wanita, upayakan memaksimalkan tampilan diri dengan dengan berdandan sesuai kebutuhan. Begitupun bagi pria, Anda bisa mengoptimalkan kesempatan ini dengan menggunakan setelan kemeja rapih dan pakaian yang bersih. 

6. Menunggu Lama? Baca Buku Saja

Seringkali saat Anda dihadapkan pada sebuah wawancara kerja, Anda akan diminta menunggu untuk waktu yang lumayan lama untuk menunggu giliran wawancara kerja Anda. 

Jika sudah begini, manfaatkan waktu Anda dengan baik agar tidak sia-sia menunggu. Anda bisa menghabiskanw waktu kosong ini dengan membaca buku maupun membaca profile perusahaan agar persiapan dirasa semakin mantap. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini