Sukses

Jual Bahan Pangan Murah, Mendag Gelar Bazar Ramadan hingga 7 Juni

Bazar serupa tidak hanya dilakukan di Kemendag saja, melainkan juga di Bandung dan Ciracas.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Bazar Ramadan di halaman Kementerian Perdagangan. Bazar yang menjual paket bahan pangan pokok dengan harga murah ini diikuti 51 pelaku usaha yang akan berlangsung dari 4 hingga 7 Juni dan terbuka untuk umum.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, harga komoditas yang dijual dalam bazar ini dipatok lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

"Jadi dijual sembako murah Rp 50.000 padahal harga paket Rp 100 ribu," ujar Mendag saat membuka Bazar Kemendag di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Dia menegaskan bahwa bazar ini dikhususkan bagi masyarakat umum. Dengan begitu, pejabat Kementerian Perdagangan dilarang turut berbelanja di bazar ini. "Eselon I dan II nggak boleh beli di sini. Kalau ada sisa boleh," tegas dia.

Untuk diketahui, bazar serupa tidak hanya dilakukan di Kemendag saja, melainkan juga di di Bandung, Ciracas.

"Kami Kemendag hanya fasilitator tapi yang berbuat banyak hanya asosiasi. Ini dilakukan di dua kantor Ciracas seperti standardisasi, Bandung seperti Metrologi dan kantor pusat," dia menandaskan.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.comhttps://www.merdeka.com/

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Lebaran, KAI Gelar Bazar di Stasiun Gambir

PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 1 Jakarta (KAI) mengadakan Ramadan Market on Station atau kegiatan bazar di Stasiun Gambir, Jakarta.

Bazar ini menyediakan produk pernak-pernik Lebaran dari sejumlah UMKM antara lain produk fashion, makanan dalam kemasan, perlengkapan ibadah, dan aksesoris Lebaran lainnya.

Direktur Keuangan PT KAI (Persero) Didiek Hartyanto mengatakan, kegiatan tersebut digelar selama 7 hari, yakni sejak 31 Mei-6 Juni 2018. Produk-produk UMKM pun akan dijajakan mulai pukul 12.00 sampai 20.00 WIB. 

"Kegiatan ini memang diselenggarakan setiap tahunnya, dengan melihat animo yang besar pada tahun lalu, maka hal itu mendorong pihaknya untuk kembali menyelenggarakan," kata Didiek di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/6/2018). 

Dia mengatakan, kegiatan bazar ini diperuntukkan bagi pengunjung dan penumpang kereta api di Stasiun Gambir. Letak bazar yang berada di area parkir memang di sengaja untuk memudahkan masyarakat baik penumpang kereta maupun pengunjung lainnya bisa datang dalam bazar tersebut. 

"Kalau stasiun ada daerah steril yang enggak bisa UMKM jualan, sehingga diadakan di sini agar pengunjung bebas keluar masuk, baik penumpang maupun pengantar," ujar Didiek. 

Didiek menambahkan, harga penjualan produk dalam bazar ini juga relatif terjangkau tergantung jenis barang yang ditawarkan oleh penjual.

"Harga relatif bersaing, tadi saya beli makanan yang biasanya Rp 12.000 tapi di sini hanya Rp 10.000," tutur dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.