5 Jalan Tol di Atas Air Terpanjang Dunia, Indonesia Ada

Oleh Bawono Yadika pada 29 Mei 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2018, 17:13 WIB
Tol di atas air Bali (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Dengan perkembangan zaman yang kian maju, kebutuhan akan akses infrastruktur yang memadai semakin dibutuhkan masyarakat. Tak terkecuali untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan akses untuk keberadaan jalan tol. 

Jalan tol pun kini tidak hanya tertutup untuk dibangun di wilayah darat saja, bahkan di beberapa belahan dunia, jalan tol juga terbuka untuk dibangun di atas air.

China dan Amerika Serikat merupakan beberapa contoh negara yang telah lebih dulu melakukan pembangunan tol di atas air tersebut. 

Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Dilansir dari akun instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Selasa (30/5/2018), Indonesia juga memiliki tol yang dibangun di atas air yaitu Jalan Tol Bali Mandara-Indonesia.

Kementerian PUPR juga menyebutkan Jalan Tol Bali Mandara sebagai salah satu dari 5 tol di atas air terpanjang di dunia. 

Penasaran? berikut ini daftar 5 jalan tol di atas air terpanjang di dunia: 

2 of 2

Daftar Lengkap

Tol di atas air Bali (iStockphoto)
Tol di atas air Bali (iStockphoto)

1. Jalan Tol Jiaozhou Bay, China

Dibuka pada 30 Juni 2013, jalan tol Jiaozhou Bay memiliki panjang 42 kilometer sekaligus menghabiskan biaya sekitar USD 1,5 miliar. Adapun lamanya pembangunan tol ini memakan waktu selama 4 tahun.

Untuk menempuh jalan tol ini dari ujung hingga ujung lainnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Tol yang ditopang oleh 5.000 penyangga ini telah dilewati oleh 30 ribu kendaraan yang hilir mudik tanpa henti. 

2. Jalan Tol Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat

Untuk tol yang satu ini dibuka pada tahun 1956 dengan panjang sekitar 38,4 kilometer dan menelan biaya sebesar USD 30,7 juta untuk total pembangunanya.

Jalan tol ini dibangun untuk menghubungkan dua kota di Amerika dan menjadi jalan tol yang dibangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat. 

3. Jalan Tol Chesapeake Bay, Amerika

Memiliki panjang 24,140 kilometer, jalan tol Chesapeake Bay dibuka pada tahun 1952. Total biaya pembangunan tol ini menelan biaya sebesar Rp 9,2 triliun. Pada awal pembangunan, tol ini hanya memiliki panjang 6,9 kilometer, namun di tahun 1973 tol ini kemudian diperpanjang kembali. 

Adapun jalan tol ini menghubungkan pedesaan negara kawasan Pantai Timur dengan Barat Shore lebih perkotaan. 

4. Jalan Tol Penang, Malaysia

Jalan tol dua arah yang menghubungkan Bayan Lepas Pulau Penang dan Seberang Prai daratan di semenanjung Malaysia ini dibuka pada tahun 2014 dan memiliki panjang 13,5 kilometer. Total biaya pembangunan tol tersebut memakan biaya Rp 15 triliun.

Dengan tol ini, dua tempat yang dulunya hanya bisa ditempuh dengan kapal kini sudah bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi. 

5. Jalan Tol Bali Mandara, Indonesia. 

Terakhir ialah Jalan Tol Bali Mandara, Indonesia. Dibuka pada tahun 2013. tol ini dibangun untuk menghubungkan 3 wilayah di Bali yaitu antara kawasan Ngurah Rai Tuban, Pelabuhan Benoa, dan juga kawasan Nusa Dua.

Jalan Tol Bali Mandara - Indonesia ini juga jalan tol pertama yang membuat jalur khusus kendaraan roda dua dengan tarif biaya retribusi yang sangat terjangkau. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓