Sukses

Begini Orang Sukses Habiskan Waktu Libur

Orang-orang produktif tahu persis bagaimana sebaiknya mereka menggunakan waktu libur

Liputan6.com, Jakarta - Saat tidak bekerja dan libur, orang-orang produktif selalu tahu bagaimana menghabiskan waktunya secara bijak dan benar. Orang produktif dan sukses pun tahu kapan seharusnya bekerja dan sebaiknya untuk rileks. 

Dengan senantiasa terlatih produktif, Anda dapat memaksimal waktu yang dipunya dengan baik. Tak hanya itu, sisi kreativitas Anda pun dapat ditingkatkan pada hari libur dengan mengasah hobi di waktu senggang. 

Melansir dari CNBC, Jumat (1/6/2018) ciri-ciri orang produktif yakni terbiasa menjadwalkan agenda atau rutinitas mereka dalam beberapa waktu ke depan. Apa saja kemudian yang dilakukan orang-orang produktif saat libur? Berikut tipsnya:

1. Bersihkan Inbox Email

Miliarder sekaligus CEO Tesla Elon Musk menuturkan, dirinya terbiasa menyiapkan waktu sebanyak 30 menit untuk fokus pada inbox email yang penting. Hal ini dipandang agar senantiasa terjaga produktif sepanjang hari. 

"Fokus pada yang penting saja. Jangan buang waktu pada hal yang tak membuat sesuatu semakin membaik," ujar dia. 

Berusahalah untuk menjaga konsentrasi dan waktu pada email yang krusial bagi Anda. Anda mungkin berpikir berkomunikasi lewat email dapat menjadi efektif, namun seringkali hal ini justru jadi menyita waktu Anda. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buat Jurnal Pribadi

2. Buat jurnal pribadi

Hal selanjutnya yang dilakukan orang produktif di kala weekend ialah membuat jurnal pribadi. Anda tentu bisa membuat jurnal versi Anda sendiri. 

Jurnal ini bisa berisi agenda Anda dalam satu minggu ke depan, maupun jika Anda telah merencanakan mimpi-mimpi jangka pendek Anda dalam jurnal tersebut. 

Dengan terbiasa membuat jurnal pribadi, Anda melatih diri untuk konsisten serta disiplin pada waktu dan target-target Anda pribadi. Jurnal juga bisa menjadi alat yang mengatur dan melacak agenda-agenda Anda dalam satu hari penuh. Melalui jurnal juga bisa monitor dan evaluasi apa-apa saja yang telah dan tengah Anda lakukan. 

Pembuat The Bullets Journal Ryder Carroll menyebutkan, jurnal membuat tata kelola pikir Anda cenderung tertata dan terorganisir. "Jurnal membantu tata kelola pikiran Anda secara baik dan juga konsisten. Kita akan merasa ada banyak hal yang kita selalu bisa maksimalkan lebih baik," tutur dia.

3 dari 3 halaman

3. Olahraga

3. Olahraga

Saat weekend, orang-orang produktif juga menghabiskan waktunya dengan olahraga. Orang produktif juga terbiasa melakukan hal ini di pagi hari. 

Miliarder Richard Branson menyatakan bangun pagi membantunya untuk merencanakan hari-harinya semakin baik. Ia pun bisa melanjutkanya dengan olahraga kecil setelah bangun pagi. 

"Bangun lebih pagi membantu saya untuk memproyeksikan banyak hal dan menjadikan hari-hari saya lebih efektif," tegas dia. 

Sementara itu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan pekerjaan yang baik bersumber dari fisik yang sehat. Hal ini dicapai melalui olahraga yang teratur. 

"Saya pastikan untuk berolahraga 3 kali dalam seminggu. Biasanya juga saya lakukan ketika saya baru bangun tidur. Saya juga kadang berlari dengan anjing saya selagi bisa," kata dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.