Sukses

Punya Hewan Peliharaan Bisa Bantu Anda Sukses, Ini Alasannya

Tak heran, kini banyak tempat kerja yang ramah terhadap hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hewan peliharaan tak hanya memberikan kebahagiaan saat di rumah. Ternyata, hewan turut memberikan manfaat bagi mental dan kesehatan yang berpengaruh pada kehidupan profesional Anda di tempat kerja.

Ini yang disadari para orang sukses, seperti pendiri Google dan Amazon. Ini termasuk pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Tesla, Elon Musk yang memiliki hewan peliharaan kesayangan.

Tak heran, kini banyak tempat kerja yang ramah terhadap hewan peliharaan.

Ingin tahu, apa saja manfaat hewan peliharaan bagi kesuksesan Anda. Berikut adalah tiga hal yang ditunjukkan penelitian bahwa memiliki hewan peliharaan dapat berkontribusi pada kesuksesan, seperti mengutip laman CNBC, Senin (28/5/2018):

1. Kurangi stres

Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tingkat stres dan perasaan cemas. Dalam sebuah penelitian, para partisipan dihadapkan pada situasi yang menekan dan ditugaskan untuk membelai beberapa hewan seperti kelinci, kura-kura atau mainan dari binatang-binatang tersebut.

Hasilnya, memiliki mainan hewan tidak menghilangkan stres pekerja, tetapi berbeda saat mereka mengelus hewan yang sebenarnya. Ini bahkan terjadi pada para peserta yang pada awalnya mengatakan tidak menyukai binatang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lainnya

2. Tingkatkan mood

Hewan peliharaan dapat membantu mencegah perasaan sedih atau depresi ringan karena mereka menemani Anda di saat kesepian. Studi juga menunjukkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan menyebabkan otak Anda melepaskan perasaan neurotransmitter yang baik seperti oksitosin, yang menciptakan rasa tenang, dan serotonin yang mengatur suasana hati Anda.

Dan pandangan positif tentang kehidupan sebenarnya penting untuk kesuksesan, menurut pendiri Virgin Group, Richard Branson. Miliarder ini mengatakan bahwa dia mampu membangun perusahaan multinasional karena dia tidak fokus pada aspek negatif dari maskapai lain dan apa yang mereka lakukan salah.

"Berpikir positif adalah alat yang sangat kuat," kata Branson. "Sederhananya: positif, perilaku proaktif memacu perilaku yang positif dan proaktif."

3. Membantu bersosialisasi

Hewan peliharaan tidak hanya menawarkan persahabatan, tetapi mereka juga dapat membantu mendorong interaksi manusia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki kemungkinan 60 persen lebih tinggi untuk mengenal orang baru dibandingkan mereka yang tak memilikinya.

Ilmu pengetahuan juga menunjukkan bahwa memiliki persahabatan yang erat dapat membantu Anda meningkatkan ketahanan hidup Anda dan bangkit kembali dari kesulitan. Ini keterampilan yang diperlukan jika Anda ingin sukses.

Tengok saja pertemanan antara Warren Buffett dan Bill Gates. Selama 25 tahun terakhir, keduanya saling memberikan ide-ide bisnis satu sama lain dan saling memberi saran di bidang sesuai keahlian masing-masing.

"Beberapa teman memang memberikan saran yang terbaik bagi Anda," kata Gates di sebuah panel Universitas Columbia yang turut dihadiri Buffett. "Sebab itu sangat baik untuk berinvestasi dalam persahabatan itu," dia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.