Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle Termahal Sepanjang Masa

Oleh Fiki Ariyanti pada 13 Jun 2018, 04:31 WIB
Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle

Liputan6.com, London - Royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle masih meninggalkan beragam cerita menarik. Salah satunya soal biaya pernikahan yang ditaksir mencapai sekitar USD 46 juta atau sekitar Rp 651,64 miliar (kurs Rp 14.166 per dolar AS).

Angka tersebut melampaui biaya pernikahan Pangeran Willian dan Kate Middleton pada 2011 yang sekitar USD 34 juta atau Rp 481,64 miliar.

Keluarga kerajaan membayar segala tetek bengek untuk upacara pernikahan sampai pesta perayaan, mulai dari bunga, gaun pengantin, hidangan makanan dan minuman, kue pernikahan, sampai biaya keamanan.

Biaya paling besar dalam pernikahan Pangeran Harry dan Meghan dihabiskan untuk keamanan dan gaun pengantin. Biaya keamanan super ketat mencapai sekitar USD 40 juta, sedangkan gaun pengantin Meghan diperkirakan menyedot USD 515 ribu atau sekitar Rp 7,30 miliar.

Dengan biaya fantastis ini, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle termasuk dalam 10 pernikahan paling mahal sepanjang masa.

Mau tahu untuk apa saja keluarga kerajaan Inggris menghabiskan USD 46 juta untuk biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle? Berikut rangkumannya, seperti dikutip dari laman cheatsheet:

 

1 of 5

1. Bunga di Gereja

Berhias Bunga, Begini Altar Pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle
Karangan bunga menghiasi depan tangga altar Kapel St George untuk upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (19/5). Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah pada 19 Mei 2018. (Danny Lawson/POOL/AFP)

Biaya : USD 130 ribu atau Rp 1,84 miliar

Dalam upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan, dekorasi rangkaian bunga mawar putih mendominasi Kapel St George, Kastil Windsor, Inggris. Bunga mawar putih merupakan favorit Putri Diana, ibu dari Pangeran Harry. Dekorasi bunga tersebut dirancang oleh Philippa Craddock.

2. Musik

Biaya : USD 430 ribu atau Rp 6,09 miliar

Biaya ini untuk membayar rrgan dan paduan suara yang tampil saat upacara pernikahan, serta seorang DJ dan band yang mengisi acara resepsi pernikahan. Kabar menyebut Kementerian Pertahanan Inggris sengaja membuat terompet berlapis perak senilai USD 129 ribu, khusus untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

2 of 5

3. Gaun Pengantin Meghan

Gaun Putih Panjang Meghan Markle di Hari Pernikahan
Penampilan Meghan Markle saat akan melangsungkan upacara pernikahan dengan Pangeran Harry di St George's Chapel, Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (19/5). (Andrew Matthews/POOL/AFP)

Biaya : USD 515 ribu atau Rp 7,30 miliar

Gaun pengantin minimalis Meghan Markle dirancang oleh Clare Waight Keller yang tinggal di Birmingham. Ia juga Direktur Artistik rumah mode Prancis, Givenchy. Meghan menggunakan gaun Givenchy berbahan putih sutra dengan veil aksen bordir bunga.

4. Kue Pernikahan

Biaya : USD 7 ribu atau Rp 99,16 juta

Pasangan ini mendobrak tradisi kerajaan yang biasa menggunakan kue buah untuk pengantin kerajaan. Namun mereka memilih kue pernikahan yang diberi nama lemon elderflower (lemon elderflower cake).

Kue ini dibuat langsung pemilik Violet Bakery Claire Ptak. Dia dan enam koki lainnya menghabiskan waktu lima hari untuk memanggang dan menghias kue lemon elderflower yang berlapis-lapis.

3 of 5

5. Makanan dan Minuman

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Ada sajian makanan lezat di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Twitter Kensington Palace)

Biaya : USD 680 ribu atau Rp 9,63 miliar

Ada sekitar 600 tamu undangan di pesta royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle. Hidangan disajikan bersama canape dan hidangan dalam mangkuk. Porsi menu tidak terlalu besar, bisa dimakan dalam dua gigitan.

Selanjutnya 200 teman dekat dan keluarga menghadiri resepsi malam hari yang lebih intim. Menyajikan hidangan makanan organik yang disantap pada pukul 7.30-10 malam waktu setempat. Para tamu juga disajikan koktail khusus yang disebut 'When Harry Met Meghan' dibuat dari jahe dan rum.

6. Tenda Kaca

Biaya : USD 400 ribu atau Rp 5,67 miliar

Keluarga kerajaan membangun tenda kaca yang mahal untuk resepsi malam. Tenda khusus ini mirip tenda kaca yang pernah digunakan saat acara pernikahan adik dari Kate Middleton, yakni Pippa Middleton.

4 of 5

7. Foto Pernikahan

Meghan Markle dan Pangeran Harry
(Instagram/@kensingtonroyal)

Biaya : USD 24 ribu atau Rp 339,98 juta

Pasangan Harry dan Meghan memilih fotografe Alexi Lubomirski untuk mengabadikan pernikahan mereka. Istana Kensington merilis tiga foto pernikahan Harry dan Meghan setelah pernikahan. Dua foto di dalam ruangan, terdiri dari pasangan pengantin, keluarga. Sementara satu foto hitam putih pose Harry dan Meghan di teras Istana.

8. Keamanan

Biaya : USD 40 juta

Sekitar 3.000 petugas kepolisian dikerahkan untuk menjaga keamanan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Tentunya menjaga dari ancaman terorisme, obsesi kerajaan, protes publik, dan kejahatan lain, seperti pencopetan.

Aparat keamanan juga disebar di titik lokasi di mana Pangeran Harry dan Meghan Markle berkeliling Kota London dalam proses arak-arakan pengantin menggunakan kereta kuda Ascot Landau.

Lanjutkan Membaca ↓