Sukses

Mau Cari Uang? Kenali Dulu 4 Karakternya Biar Tak Tersesat

Dengan mengenali karakter uang yang kita miliki, membuat kita lebih mudah menemukan solusi khususnya tentang finansial. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Pasti kita semua sudah kenal sama yang namanya "uang" alias “duit”. Sejauh mana kita mengenal mereka? Yang pasti, kita tahu kalau uang adalah alat pembayaran yang sah dan semua barang baru bisa dibeli pakai uang. Akan tetapi, sebagian orang ada yang menganggap uang itu adalah segalanya, termasuk kekuasaan, popularitas, dan pengendalian.

Namun, banyak juga masyarakat yang kesulitan cari uang karena tidak mengenali karakter dari uang yang mereka miliki. Padahal, dengan mengenali karakter uang yang kita miliki, membuat kita lebih mudah menemukan solusi khususnya tentang finansial.

Apa saja? Mengutip Laruno.id, berikut uraiannya, seperti ditulis Minggu (27/5/2018):

1. Hitung total pendapatan dan pengeluaran

Anda sudah bekerja siang-malam, banting tulang, agar saldo rekening Anda cukup untuk membiayai semua kebutuhan hidup. Lantas, bagaimana mengaturnya?

Sangat berguna kalau kita mulai membuat catatan tentang berapa nilai penghasilan yang Anda dapatkan selama satu bulan. Di saat yang sama, Anda juga harus membuat catatan untuk apa saja penghasilan itu Anda gunakan. Jangan sampai terjadi, Anda memiliki penghasilan, akan tetapi tidak tahu kemana saja uang tersebut habis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hitung harta yang Anda miliki

2. Hitung harta yag Anda miliki

Mobil, rumah, smartphone mahal, barang bermerek, apakah itu semua harta Anda? Mulai sekarang, rutin mencatat, minimal setiap enam bulan sekali. Apa saja aset yang Anda miliki, berapa nilai dan berapa penyusutannya setiap tahun? Ini sangat penting untuk kita ketahui agar bisa menimalkan kerugian akibat turunnya nilai harta.

3. Belajar tentang finansial kepada orang yang sudah bebas secara finansial

Ada banyak tema atau isu terbaru yang berhubungan dengan keuangan yang mungkin belum Anda pahami secara memadai. Mengapa tidak membuat daftarnya saja dan berusaha mencari tahu? Ada banyak pembelajaran atau seminar tentang kebebasan keuangan yang bertebaran saat ini.

 

3 dari 3 halaman

4. Tentukan tujuan keuangan

4. Tentukan tujuan keuangan

Menyisihkan uang agar bisa investasi untuk kebutuhan masa depan adalah kebiasaan keuangan yang baik. Namun, kita harus membuat goal tentang finansial yang spesifik, tertulis, positif, menarik.

Pusatkan aktivitas ketika lenggang untuk menyisihkan sebagian penghasilan selama beberapa hari ke depan bisa terpantau dengan lebih baik.

Anda bisa mengukur, apakah mengumpulkan uang dengan cara menabung akan efektif? Ataukah perlu terjun ke investasi? Sisihkan minimal 10-20 persen income per bulan, buat rekening tabungan untuk di investasikan! Semakin spesifik tujuan keuangan Anda, peluang tercapai akan lebih besar.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru senilai Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com, hari ini jadi gratis. Daftar sekarang juga! Klik di sini untuk daftar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.