Sukses

Intip 5 Tips Agar Keuangan Tak Bokek Saat Bulan Ramadan

Supaya bulan puasa tidak menjadikan kita sebagai konsumen yang boros, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan puasa merupakan bulan untuk melatih diri agar tidak boros. Di Indonesia, bulan puasa merupakan bulan yang dinanti-nantikan. Banyak orang yang ingin menyiapkan menu spesial untuk berbuka dan sahur, sehingga membeli kebutuhan pokok yang cukup banyak untuk disimpan selama bulan puasa.

Selain itu, harga sembako juga naik di pasaran selama bulan puasa dan pemakaian transportasi juga meningkat dikarenakan banyak orang yang mencari menu buka puasa ataupun takjil. Faktor lainya adalah meningkatnya undangan buka bersama.

Supaya bulan puasa tidak menjadikan kita sebagai konsumen yang boros, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan, seperti dikutip dari Laruno.id Minggu, (27/5/2018):

1. Berburu diskon

Tidak ada salahnya Anda belanja kebutuhan yang diinginkan. Selama bulan puasa, banyak kebutuhan primer atau sekunder yang sedang promo dengan diskon besar. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbelanja dan tentunya pengeluaran tetap terkendali. Jangan gengsi, ya!

2. Menyiapkan kebutuhan sebelum bulan puasa

Seperti yang kita tahu, kebutuhan pokok pada bulan puasa akan mengalami kenaikan di pasaran. Nah, sebelum itu terjadi, tidak ada salahnya kita mencicil untuk membeli kebutuhan pokok, seperti sayur mayur, lauk-pauk, dan kebutuhan lainnnya. Hal tersebut jauh lebih hemat dibandingkan kita membeli pada saat harga Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mulai menghitung kebutuhan

3. Mulai hitung kebutuhan

Ada baiknya ketika bulan puasa, kita menghitung berapa banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan selama bulan puasa. Dengan seperti ini, kita dapat lebih hemat karena kita membeli apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan.

4. Pintar-pintar pakai uang THR

Ketika kita sudah bekerja, pasti kita akan mendapatkan THR dari perusahaan. Dengan THR ini, kita dapat menyimpannya untuk mudik ke kampung halaman atau diinvestasikan. Gunakan sebaik-baiknya, ya!

3 dari 3 halaman

5. Menahan diri dan sederhana

5. Menahan diri dan sederhana

Bulan puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga harus menahan diri dari berbagi macam godaan, seperti ketika kita di mall untuk datang ke acara buka bersama, yang menu di sana jauh lebih mahal, belum lagi melihat banyak baju yang bagus, pasti ada keinginan untuk membelinya. Lebih baik kita berbuka puasa di rumah untuk menghemat pengeluaran.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru senilai Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com, hari ini jadi gratis. Daftar sekarang juga! Klik di sini untuk daftar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.