Sukses

4 Cara Mudah untuk Sukses Membangun Karier

Bagaimana cara mudah untuk bisa sukses mengembangkan karier? Simak ulasan berikut.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin sukses dalam karier? Tentunya semua pasti menginginkannya. Akan tetapi, tidak semua orang melakukan langkah tepat untuk meningkatkan karier mereka.

Tak jarang umumnya hanya terpaku pada peningkatan kemampuan hanya dalam pekerjaannya. Padahal, ada hal yang jauh lebih berdampak pada kehidupan karier mereka ketika melakukan hal lain dengan tepat.

Memang, peningkatan kemampuan sangat penting, mengingat semakin banyaknya lulusan sekolah dan lulusan universitas yang mencari pekerjaan sejenis dengan yang Anda lamar. Akan tetapi, Anda harus mempersiapkan hardskill dan softskill Anda.

Kedua paduan kemampuan itu akan membuat Anda sulit untuk ditolak oleh perusahaan karena merupakan paket komplit yang dibutuhkan dalam diri pelamar pekerjaan. Jika Anda kini adalah seorang pekerja, atasan Anda tentu akan merasa beruntung memperkerjakan Anda.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk bisa sukses mengembangkan karier? Simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (28/5/2018):

1. Bergaul dan Perbanyak Jaringan

Setiap manusia adalah makhluk sosial dan sampai sekarang belum ada yang mampu menyanggahnya. Itulah yang harus diingat sehingga Anda bisa tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang tidak mudah puas dengan pencapaian Anda selama ini.

Tetaplah bertanya dan carilah teman yang bisa memberikan Anda informasi dan pengetahuan baru. Dengan bergaul dan memperbanyak jaringan, berarti Anda sedang berusaha memperluas jangkauan karier Anda.

Bisa jadi si A yang sekarang adalah teman belajar Anda, menjadi bos Anda di hari esok. Atau si A adalah seseorang yang hebat dalam bergaul sehingga dia memiliki banyak kenalan. Dengan menjalin hubungan dengan A, besar kemungkinan Anda akan dikenalkan kepada teman-temannya yang bisa membantu Anda. (Baca Juga: Kuasai 5 Hal Ini agar Karier Cemerlang di Usia 30 Tahun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tetapkan Apa yang Jadi Target

Menetapkan terlebih dahulu target apa yang hendak Anda capai ini penting adanya. Dengan begitu, akan semakin mudah untuk Anda mempersiapkan kebutuhan dalam pencapaian target tersebut. Anda jadi memiliki waktu untuk mempersiapkan diri.

Rancanglah target jangka pendek dan jangka panjang Anda agar aktivitas yang Anda lakukan bisa lebih sistematis. Rancangan ini juga bisa membantu Anda agar tetap melakukan aktivitas yang sejalur dengan keinginan. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari aktivitas di luar kontrol Anda.

Dalam menetapkan target, Anda bisa berdiksusi dengan keluarga atau orang lain yang dekat dengan Anda. Terkadang beberapa orang tidak mampu mengenali kemampuannya, sehingga membuat mereka memasang target yang terlalu rendah untuk kemampuan yang hebat.

Oleh sebab itu, dengan berdiskusi akan lebih membuka pikiran Anda mengenai target-target hebat yang harus Anda capai. Namun, harus tetap memperhatikan sisi logis.

 

3 dari 4 halaman

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Berhentilah menjadi pribadi yang pemalu ataupun tidak percaya diri. Jika Anda saja tidak percaya pada kemampuan Anda, bagaimana mungkin orang lain bisa percaya? Oleh karena itu, belajarlah untuk menghargai diri Anda sendiri. Jangan terlalu ambisius dan jangan terlalu pesimis.

Lebih parahnya lagi, bila Anda menampilkan sisi pesimis. Maka, bisa jadi akan ada banyak orang yang menghidar karena Anda membawa aura yang negatif mengenai diri Anda. Tunjukkanlah kemampuan Anda. Biarkan rekan kerja dan atasan Anda melihat hasil kerja terbaik dari Anda.

Jadi, jangan sampai Anda malah keluar dari pekerjaan hanya karena merasa tidak nyaman dengan diri Anda sendiri. Jangan terburu-buru dalam memutuskan hal apa pun. Pikirkan matang-matang dan berdiskusi dengan orang lain untuk membuka pikiran Anda.

Siapa tahu mereka bisa mengingatkan Anda mengenai permasalahan percaya diri Anda yang semakin berkurang. Sehingga Anda tidak membuang kesempatan yang memang seharusnya bisa diraih dengan baik. (Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian)

4 dari 4 halaman

4. Perbaharui Daftar Riwayat Hidup (CV)

Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curiculum Vitae) sangat penting bagi seorang pekerja. Oleh sebab itu, perbaruilah CV Anda secara berkala agar kemampuan Anda bisa terlihat lebih meyakinkan karena kegiatan yang Anda ikuti semakin banyak. Hal ini juga sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan secara online.

Tingkatkan Softskill untuk Karier yang Lebih Baik

Jika atasan Anda mengutus Anda untuk mengikuti sebuah pelatihan, jangan pernah menolaknya, apalagi dengan alasan tidak percaya diri karena masih pegawai baru. Atasan Anda tidak akan menyuruh seseorang yang tidak dipercayainya. Lagipula pelatihan tersebut bisa Anda gunakan untuk memperbarui CV Anda. Jadi, tingkat softskill Anda dan raihlah kesuksesan dalam berkarier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini