Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 57 Triliun Selama Ramadan

Oleh Liputan6.com pada 24 Mei 2018, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2018, 20:00 WIB
Petugas menata tumpukan uang kertas
Perbesar
Petugas menata tumpukan uang kertas (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menyiapkan dana tunai sebesar Rp 57,26 triliun atau sekitar Rp 1,9 triliun per hari untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran 2018. Antisipasi tersebut akan diberlakukan selama 15 hari kerja pada 22 Mei hingga 20 Juni 2018.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, mengatakan bahwa alokasi dana tunai tersebut meningkat sekitar 90 persen dari jumlah yang disiapkan secara harian pada kondisi normal.

"Alokasi dana tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan kebutuhan uang tunai untuk pembayaran gaji bulan Mei dan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar awal Juni," kata Hery di kantornya, Kamis (24/5/2018).

Selain itu, sambungnya, dana tersebut juga ditingkatkan dari tahun lalu sebagai respon perpanjangan cuti Lebaran tahun ini.

"Kami juga mengantisipasi dampak dari panjangnya rentang waktu cuti bersama musim Lebaran tahun ini, yakni sejak 11-20 Juni," ujarnya.

Lebih jauh Hery mengungkapkan khusus pada mesin ATM, Bank Mandiri juga bakal meningkatkan ketersediaan uang tunai menjadi Rp 1 triliun per hari. Di hari biasa, dana yang dialokasikan hanya Rp 900 miliar per hari.

"Dari nilai itu, sebesar 40 persen dari jumlah uang tunaiakan didistribusikan di wilayah Jabodetabek. Sementara 60 persen lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek seperti, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali," terangnya. 

 

 

Reporter : Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber : Merdeka.com

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

Petugas menata tumpukan uang kertas
Perbesar
Petugas menata tumpukan uang kertas (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Hery menambahkan, Bank Mandiri akan menyiapkan jaringan informasi teknologi (IT) secara optimal untuk memastikan seluruh operasional channel pembayaran elektronik lainnya, seperti jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Mobile, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000 tetap terjaga dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga selama liburan.

Saat ini, nasabah dapat melakukan transaksi melalui 17.429 mandiri ATM. Selain itu nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 60 ribu jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus. Untuk mengetahui lokasi cabang dan ATM Bank Mandiri terdekat, nasabah dapat mengakses melalui www.bankmandiri.co.id.

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman, seperti informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon atau ponsel, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, pembelian isi ulang pulsa.

"Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan tuga unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang di kawasan Monas secara bergantian pada 21-25 Mei 2018," tandas Hery. 

Lanjutkan Membaca ↓