Sukses

Jokowi Bakal Resmikan Pengoperasian Bandara Kertajati Kamis Pagi Ini

Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati, Majalengka.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati yang berlokasi di Kertajati, Majalengka.

Dikutip dari jadwal kepresidenan, Jokowi akan lepas landas dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 09.00 WIB. Di BIJB, peresmian akan dilakukan pukul 10.00 WIB.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), serta Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto.

Seperti diketahui sebelumnya, Manajer Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait, mengatakan pengoperasian Bandara Kertajati setelah dilakukan Aeronautical Information Publication (AIP) oleh Kementerian Perhubungan kepada seluruh stakeholder penerbangan baik domestik maupun internasional pada 29 Maret 2018.

"Terhitung 2 X 28 hari dari tanggal publikasi tersebut, maka Bandara Kertajati efektif dapat beroperasi, yakni tanggal 24 Mei 2018. Jadi tanggal 24 Mei 2018 bukanlah peresemian Bandara Kertajati, tetapi tanggal efektif bandara tersebut dapat melayani penerbangan," kata dia kepada wartawan.

AIP merupakan publikasi yang berisi informasi operasional penerbangan seperti lokasi bandara, fasilitas penerbangan, rute dan informasi lainnya. Ini merupakan hal yang harus dilakukan saat membuka bandara baru dan sesuai dengan Annex 15 ICAO (International Civil Aviation Organization).

Pada 24 Mei 2018 tersebut, terdapat inaugural flight (historical flight) dari dua maskapai yang sudah mengajukan jadwal penerbangannya. "Yakni Garuda Indonesia dan Batik Air dengan membawa penumpang VVIP dan VIP, " ujar dia.

Yohanes menambahkan, terkait layanan di Bandara Kertajati, AirNav Indonesia sudah siap melayani penerbangan di Bandara Kertajati. Pada  29-30 Maret 2018 AirNav sudah melakukan validasi prosedur penerbangan dengan menggunakan pesawat Beechcraft King Air B350-I registrasi PK-CAP dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelang Diresmikan, AirNav Indonesia Siap Layani Navigasi Bandara Kertajati

Sebelumnya, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2018. Sebelum peresmian, Perum AirNav Indonesia mengaku telah siap melayani segala penerbangan yang melalui bandara terbesar kedua di Indonesia itu.

"Kalau personel AirNav kita sudah siap sejak lama, dari sisi udara kita sudah siap. Kita tunggu saja, 24 Mei besok katanya diresmikan Pak Presiden," jelas Novie kepada wartawan, Selasa 22 Mei 2018.

Bandara Kertajati memiliki potensi penumpang yang cukup bagus. Mengingat selama ini warga Jawa Barat Utara hanya bisa mengandalkan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Husen Sastranegara, Bandung.

Sejauh ini, dikatakan Novie, yang sudah pasti akan dilayani penerbangannya dari Bandara Kertajati adalah penerbangan haji.

"Kalau haji sudah confirm. Ada lima kloter yang akan dilakukan dari Kertajati. Pesawatnya Garuda, dari embarkasi di situ terus ke Arab Saudi," kata dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.