Eksklusif Menteri PUPR: Main Band Bisa Hilangkan Kisi-Kisi Birokrasi

Oleh Maulandy Rizky Bayu KencanaIlyas Istianur Praditya pada 23 Mei 2018, 06:30 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Liputan6.com, Jakarta - Dalam setiap kunjungan ke luar kota, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu didampingi oleh para menteri. Menariknya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hampir selalu terlihat berada di samping Jokowi. 

Maka tak heran, jika banyak orang menyangka bahwa Menteri Basuki adalah menteri kesayangan Presiden Jokowi. Tapi apakah hal tersebut benar?

Basuki menjelaskan, ia memang harus selalu berada di samping Presiden Jokowi setiap kunjungan. Alasannya, saat bertemu dengan pemerintah daerah baik itu gubernur, walikota maupun bupati pasti ada permintaan untuk pembangunan atau pembenahan infrastruktur. 

"Setiap bertemu dengan gubernur, bupati, walikota, pasti permintaannya dapat dipastikan tentang infrasturktur. Apakah itu air bersih, sanitasi, perumahan, jalan, irigasi, dan bendungan," jelasnya.

Lalu apa kesan Menteri Basuki saat bersama-sama dengan Presiden Jokowi? Simak penuturannya kepada Liputan6.com belum lama ini: 

 

BAPAK TERLIHAT SELALU ADA DI SETIAP KEGIATAN PRESIDEN JOKOWI, APA ALASANNYA?

Saya kira Presiden Joko Widodo (Jokowi) dekat dengan semua (Menteri) karena kita adalah pembantunya. Jadi kita harus dekat dengan beliau. Orang kerja itu hanya dua, loyality dan trush.

Lalu kenapa saya selalu diminta ikut, karena memang jika beliau berkunjung ke suatu daerah pasti tidak untuk satu tujuan, pasti ada dua sampai tiga tujuan. Misalnya, selain membagi sertifikat tanah pasti ada juga kunjungan kerja untuk infrasturktur. Di situ saya ikut. Cuma karena saya sudah ikut maka harus turut dengan semua rangkaian kunjungan.

Jadi tidak hanya pada bidang infrasturktur saja. Karena apa? Karena setiap bertemu dengan gubernur, setiap bertemu dengan bupati, setiap ketemu dengan walikota, pasti permintaannya dapat dipastikan tentang infrasturktur. Apakah itu air bersih, sanitasi, perumahan, jalan, irigasi, dan bendungan.

Jadi kalau ada saya, beliau langsung melimpahkan kepada saya, jadi itu mengurangi beban beliau. Kalau tidak ada saya, beliau telepon. Itu pasti menjadi pikiran beliau, itu yang saya pikir.

 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono membeli kopi yang dijajakan pedagang seusai meninjau renovasi stadion di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (10/5). Basuki meninjau kesiapan fasilitas dan prasarana untuk Asian Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

APA TANGGAPAN BAPAK SOAL ANGGAPAN BAHWA MENTERI PUPR KESAYANGAN JOKOWI?

Saya kira beliau sayang kepada semuanya. Saya kira iya. Jadi beliau tidak akan pilih-pilih. Beliau dengan kita itu berkomunikasi dengan rasa. Tidak hanya laporan resmi tetapi pasti dengan rasa.

APA MOMEN PALING BERKESAN SAAT BERSAMA PRESIDEN JOKOWI?

Kalau saya sering dengan beliau satu mobil lalu bagi-bagi hadiah atau cenderamata kepada penduduk. Saya yang siapkan, beliau yang bagi. Jadi saya kira itu kesan yang mendalam buat saya untuk bisa bekerja sama dengan beliau dan itu kita lakukan dengan sepenuh hati, jadi tidak ada lain-lainnya.

Saya menyiapkan, membungkus, kemudian beliau yang menyampaikan kepada penduduk.

 

2 of 4

Bermain Musik

[Bintang] Elek Yo Band
Java Jazz Festival 2018 (Bambang E. Ros/bintang.com)

BAPAK SUKA MUSIK DAN PARA MENTERI MEMBENTUK BAND, SEBENARNYA TUJUAN MENTERI TAMPIL BEDA INI APA?

Saya di Kementerian PUPR itu harus berani, kita harus bekerja keras, bergerak cepat, bertindak cepat kemudian berjiwa seni. Dengan seni kita bisa berinovasi, dengan seni kita pasti bisa berimporvisasi.

Orang PU walau sebaik apapun desain di kertas, kalau sudah dijalankan, di lapangan pasti ada improvisasi. Tidak akan bisa tepat dengan gambar. Nah, itu akan lebih mudah kalau kita punya jiwa seni.

Kedua, dengan seni kita menghilangkan kisi-kisi birokrasi. Itu kalau di PU, kalau di kementerian kabinet kami melakukan itu untuk menambah kekompakan, menambah sinergi.

Kalau menyanyi, bermain gitar, bermain drum sendiri-sendiri tidak akan jadi band. Jadi itu harus sinergi dan punya rasa. Tidak hanya rasio tetapi juga emosional.

 

3 of 4

Jamu Jawa

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berbincang saat meninjau renovasi stadion di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (10/5). Basuki meninjau langsung kesiapan berbagai fasilitas dan prasarana untuk Asian Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

BISA BAGI TIPS UNTUK TETAP SEHAT DENGAN MOBILITAS DAN KEGIATAN YANG TINGGI?

Saya ada nasehat dari Pak Jokowi. Minumnya jamu Jawa. Saya tidak ada doping khusus kecuali ditambah dengan bawang putih dan madu.

4 of 4

Membagi Waktu

Menteri PUPR Basuki Bermain Bulu Tangkis
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengembalikan kok saat bertanding bulu tangkis disela kunjungannya di Training Facility Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (10/5). Basuki meninjau kesiapan fasilitas dan prasarana Asian Games 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

SIBUK SEBAGAI MENTERI, BAGAIMANA MEMBAGI WAKTU DENGAN KELUARGA?

Saya sudah 37 tahun kerja di PU, istri dan anak saya sudah tahu kelakuan saya. Hari ini libur sebenarnya saya gunakan untuk cheking pekerjaan karena tanpa itu dengan beban yang makin berat rasanya waktu ini enggak cukup, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, jadi saya harus kerja lebih cepat.

BIASANYA KEGIATAN APA UNTUK MENGHABISKAN WAKTU DENGAN KELUARGA?

Saya kalau dengan keluarga di rumah saja. Paling tidak makan siang bareng dan itupun tidak bisa sebulan sekali, tergantung ada waktunya karena Sabtu-Minggu saya sering ke lapangan.

Lanjutkan Membaca ↓