RI Punya 4 Kereta Bandara, Mana yang Tiketnya Paling Murah?

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2018, 18:13 WIB
Kereta Bandara Internasional Minangkabau-Padang sudah dapat dinikmati secara mudah oleh para penumpang. (Dok. KSP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat pada Senin, 22 Mei 2018. Dengan hadirnya kereta bandara ini, total kereta bandara yang ada di Indonesia ada empat.

Keempat kereta bandara tersebut adalah KA Bandara Kualanamu, Medan; KA Bandara Soetta, Jakarta-Cengkareng; KA Bandara Adi Soemarmo, Solo; dan KA Bandara Minangkabau, Sumatera Barat.

Kereta bandara mana yang harga tiketnya paling murah? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Dream.co.id:

1. KA Bandara Minangkabau

Harga tiket KA Bandara Minangkabau paling murah. Dilansir dari setkab.go.id, tarif tiket KA Minangkabau Ekspress—sebutan KA Bandara Minangkabau—untuk jarak terjauh hanya Rp 10 ribu.

Tarif ini berlaku dari Stasiun Padang ke Bandara Minangkabau yang jarak tempuhnya makan waktu 40 menit. Sementara untuk tarif separuh jalan, seperti Padang ke Tabing, hanya sebesar Rp 5.000 untuk sekali jalan.

 

2 of 3

2. KA Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah

Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Surakarta (Solo) resmi beroperasi pada Kamis (17/5/2018), setelah lolos sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.
Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Surakarta (Solo) resmi beroperasi pada Kamis (17/5/2018), setelah lolos sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

Tarif KA bandara termurah kedua adalah KA Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. KA yang operasionalnya diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ini, memiliki tiket yang harganya parsial. Kereta bandara yang bernama Solo Ekspres ini melayani rute Solo-Kutoarjo.

Tarif tiket KA Solo Eksres untuk rute Solo Balapan-Kutoarjo pp sebesar Rp40 ribu, sedangkan untuk rute Solo Balapan-Kutoarjo sebesar Rp 30 ribu dan Yogyakarta-Kutoarjo Rp 30 ribu.

 

3 of 3

3. KA Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) atau Railink

Kereta Bandara Mulai Beroperasi
Rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi memasuki peron stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12). Rencananya, operasional kereta bandara akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2 Januari 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tarif tiket KA Bandara dari Stasiun Sudirman Baru-Bandara Internasional Soetta, Banten, sebesar Rp 70 ribu. Tetapi, kalau penumpang naik dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soetta, harganya sebesar Rp 35 ribu.

4. KA Bandara Kualanamu, Medan

Tarif KA Bandara Kualanamu-Medan ini dijual dengan harga Rp 100 ribu per orang.

Reporter: Arie Dwi Budiawati

Sumber: Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait