Sukses

Selain Pangeran Harry-Megan, Ini 5 Royal Wedding Termahal Dunia

Tak hanya pernikahan Harry dan Meghan, ternyata ada royal wedding lain yang juga terbilang mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan antara Pangeran Harry dan Meghan Markle baru saja digelar pada 19 Mei kemarin. Tentu saja, hampir setiap orang membicarakan berapa jumlah uang yang dihabiskan keduanya mengingat acara tersebut ditonton hampir seluruh masyarakat dunia.

Melansir laman CNBC, pernikahan tersebut ditaksir menelan biaya USD 42,8 Juta atau Rp 607,8 miliar (USD 1 = Rp 14.201). Uniknya, menurut situs pernikahan Bridebook Inggris, biaya keamanan pernikahan Pangeran Harrry menelan biaya hingga USD 40,1 juta atau setara 94 persen dari total biaya yang dikeluarkan. Itu termasuk penembak jitu, polisi yang menyamar dan sistem pengamanan khusus.

Menurut perancang pernikahan mewah Aimee Dunne, pengeluaran untuk makanan, minuman, gaun dan bunga hanya akan menelan biaya sekitar USD 2,7 juta. Itu saja sudah 73 kali lipat lebih besar dibandingkan biaya pernikahan rata-rata di Inggris.

Tak hanya pernikahan Harry dan Meghan, ternyata ada pernikahan kerajaan lain yang juga terbilang mewah. Bahkan sebagian pernikahan anggota kerajaan digelar hingga beberapa hari dengan tamu-tamu terhormat.

Selengkapnya, berikut lima pernikahan kerajaan paling mahal di dunia seperti dilansir dari cheatsheet.com, Selasa (22/5/2018):

1. Pangeran Charles and Diana Spencer

Biaya Pernikahan: USD 110 juta atau Rp 1,56 triliun (USD 1 = Rp 14.200)Pernikahan Pangeran Charles dan Diana Spencer jika dihitung dengan mata uang sekarang, maka keseluruhan biayanya mencapai hingga USD 110 juta atau Rp 1,42 triliun.

Meski begitu, ada sebagian yang menaksir biayanya hanya mendekati USD 70 juta saya.Tentu saja itu adalah pernikahan kerajaan termahal sepanjang sejarah.

Bagaimana tidak, gaun Diana sangat panjang dan seluruh tamu dijamu dengan kue pernikahan setinggi 5 kaki. Tapi saat hampir seluruh penduduk di muka bumi menonton pernikahan Anda, harga tersebut terbilang wajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan Putri Salama

Biaya pernikahan: USD 100 juta atau Rp 1,42 triliun

Salah satu pernikahan paling mahal sepanjang sejarah modern terjadi pada 1981. Itu adalah pernikahan antara Sheikh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan dan Putri Salama.

Pernikahan pangeran mahkota Abu Dhabi itu digelar selama tujuh hari berturut-turut di mana bayak duta besar dan anggota kerajaan datang. Semua diterbangkan dengan 34 pesawat pribadi.

 

3 dari 5 halaman

3. Pangeran Albert II Monaco dan Charlene Wittstock

Biaya pernikahan: USD 65 juta atau Rp 923 miliar

Pangeran Albert dan mantan atlet renang yang kini dikenal dengan sebutan Putri Charlene menggelar dua pesta pernikahan yang berlangsung selama beberapa hari.

Para desainer ternama seperti Karl Lagerfeld dan Giorgio Armani juga menjadi tamu undangan. Tak terkecuali presiden Prancis yang juga kala itu menjadi salah satu tamu.

4 dari 5 halaman

4. Pangeran William dan Kate Middleton

Biaya pernikahan: USD 34 juta atau Rp 482,8 miliarPernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 juga menjadi salah satu pernikahan kerajaan paling mahal di dunia dengan total biaya mencapai Rp 482,8 miliar.

Upacara pernikahan nan indah yang ditonton jutaan pasang mata dari seluruh dunia itu bertempat di Westminster Abbey. Ada juga parade di sejumlah jalanan London. Alasan dibalik mahalnya pernikahan tersebut justru terletak pada biaya keamanan yang mencapai USD 32 juta dari seluruh total pernikahan.

5 dari 5 halaman

5. Raja Felipe dan Ratu Letizia Ortiz Rocasolano (Spanyol)

Biaya pernikahan: Leih dari USD 25 juta atau Rp 355 miliar

Pada November 2003, Pangeran (kini Raja) Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano mengumumkan pertunangannya. Lalu pada 22 Mei 2004, keduanya menikah di Almudena Cathedral, Madrid.Seluruh gereja dihias dengan jutaan bunga yang harganya juga mencapai miliaran rupiah.

Pernikahan tersebut dihadiri oleh sejumlah kerajaan lain termasuk Pangeran Charles, Raja Constantine dan Ratu Anne-Marie dari Yunani, Putri Mahkota Victoria, Pangeran Carl Philip, Putri Madeleine dari Swedia dan Putri Caroline dari Monaco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini