Sukses

Royal Wedding Pangeran Harry dan Markle, Ini Biaya yang Dihabiskan

Berikut beberapa rincian uang yang harus dikeluarkan oleh Kerajaan Inggris untuk melangsungkan royal wedding.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Inggris menyambut dengan hangat royal wedding antara Pangeran Harry dengan Meghan Markle. Pernihakan tersebut berlangsung di Istana Windsor pada Sabtu (19/5/2018) waktu setempat.

Meski Pangeran Harry bukanlah pewaris tahta, pernikahan yang akan berlangsung tetap saja akan menghabiskan biaya tidak sedikit.

Mengutip CNN Money, Sabtu (19/5/2018), Jamie Simon, Direktur Banana Split, sebuah perusahaan manajemen acara dan gelaran mewah di Inggris, memperkirakan, biaya yang dikeluarkan oleh Kerajaan Inggris untuk acara royal wedding ini mencapai USD 13,5 juta atau kurang lebih Rp 189 miliar (estimasi kurs 14.000 per dolar AS).

Ada beberapa pos pengeluaran yang cukup besar dalam gelaran tersebut. Namun memang ada beberapa hal yang bisa didapatkan pasangan yang sedang berbahagia tersebut secara gratis.

Berikut beberapa rincian uang yang harus dikeluarkan oleh Kerajaan Inggris untuk melangsungkan royal wedding kali ini:

Gaun Pengantin

 

Banyak rumor beredar mengenai desainer dari gaun pengantin Markle. Namun jika dilihat dari saat bertunangan kemarin, mempelai wanita ini menggunakan gaun desain dari perusahaan ternama Ralph & Russo. Untuk gaun itu dana yang dihabiskan mencapai USD 75 ribu atau Rp 1,05 miliar.

Mark Miemirko, seorang perancang pernikahan seliebritas memperkirakan gaun pengantin Markle bisa seharga USD 340 juta atau sekitar Rp 4,76 miliar.

Satu gaun saja mungkin tidak cukup. Markle mungkin akan mengikuti jekas adik iparnya Catherine, the Duchess of Cambridge, yang mengenakan dua gaun termasuk untuk resepsi pada malam hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengamanan

Keamanan pada pernikahan kerajaan terakhir yang berlangsung pada 2011 antara Pangeran William dan Kate menelan biasa mencapai USD 8,7 juta.

Pemerintah memberikan bantuan khusus senilai USD 4,9 juta kepada polisi untuk menutup lembur untuk polisi yang bertugas.

Namun pernikahan tersebut berlangsung di pusat kota London. Pada pernikahan kali ini Pangeran Harru dan Markle akan menikah di Wisdsor yang merupakan pinggiran kota. Itu bisa mengurangi biaya keamanan.

Otoritas regional telah membayar infrastruktur yang berhubungan dengan keamanan. Kemudian kepolisian setempat akan menanggung biaya untuk menjaga acara tersebut.

 

Ada tiga tempat untuk hari pernikahan ini. Sebuah kapel untuk upacara pemberkatan, aula untuk resisi sore dengan jumlah tamu menjadi 600 orang dan kemudian resepsi malam untuk 200 tamu.

Upacara pemberkatan dan resepsi pertama akan dilakukan di Windsor. Sedangkan pesta malam akan dilakukan di rumah negara yang cukup luas yaitu Frogmore House.

Lokasi itu merupakan bagian dari kerajaan oleh karena itu kemungkinan besar tidak ada biaya sewa untuk pernikahan kali ini.

Namun demikian perlu juga dipertimbangkan pengeluaran untuk staf dan logistik.

 

3 dari 4 halaman

Resepsi

Makanan dan minuman tidak murah karena kedua mempelai harus menjamu 600 tamu negara dan 200 tamu lagi di malam harinya.

Miemirko memperkirakan, untuk resepsi sore akan menghabiskan USD 135 per orang. Dengan tamu mencapai 600 orang maka biaya yang dibutuhkan mencapai USD 81.500

Sedangkan untuk resepsi malam yang diselenggarakan oleh ayah Harry yaitu Pangeran Charles, bisa menghabiskan dana USD 340 per kepala. Dengan jumah tamu mencapai 200 orang maka biaya yang dibutuhkan sekitar USD 68 ribu.

 

4 dari 4 halaman

Kue Pernikahan

Toko kue terkenal di London yaitu Violet Bakery yang dimiliki oleh chef Claire Ptak dipilih untuk menyediakan kue pernokahan pada cara besar tersebut.

Toko tersebut menolak untuk berbicara mengenai harga dair kue yang akan mereka buat untuk royal wedding tersebut.

Namun menurut Simon dari Banana Split, kemungkinan besar harga kue pernikahan tersebut mencapai USD 13.500.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.