Sukses

Cek Jurusan Kuliah Cocok Berdasarkan Zodiak Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Menentukan jurusan kuliah bisa dikatakan menentukan pintu mana yang akan digunakan untuk menuju masa depan. Jurusan kuliah akan menentukan ranah pekerjaanmu nantinya. Ranah pekerjaan yang pada akhirnya menjadi modal masa depan.

Jadi, memilih jurusan merupakan hal yang penting. Kamu tak boleh sembarangan memilih, tapi juga jangan bingung terlalu lama. Apalagi bagi kamu yang saat ini baru akan mulai memasuki pendidikan tinggi atau kuliah.

Sebagai bahan pertimbangan, zodiak bisa membantumu menentukan jurusan kuliah mana yang cocok.

Mengutip laman Swara Tunaiku, berikut jurusan kuliah yang cocok buatmu berdasarkan zodiak beserta rekomendasi universitasnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Aries

Aries diisi oleh orang-orang dengan ide cemerlang dan biasanya memiliki mental pengusaha. Mentalnya pun cukup kuat. Jurusan Manajemen adalah yang paling cocok untuk mereka.

Universitas yang direkomendasikan untuk kamu adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ITB (Intitut Teknologi Bandung) yang sudah mengantongi akreditasi A dan dianggap sebagai kampus terbaik.

3 dari 13 halaman

2. Taurus

Karakter Taurus adalah teliti, jujur, tapi juga materialistis. Oleh karena itu, Jurusan Akuntansi sangat cocok untuk para Taurian.

Soal kampus yang cocok sebagai tempat menempuh pendidikan yang direkomendasikan adalah Universitas Brawijaya (UNBRAW) dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

4 dari 13 halaman

3. Gemini

Tegas, transparan, dan pandai bergaul serta berkomunikasi menjadi kelebihan zodiak ini. Untuk itu, Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang paling pas. Terlebih, jika tertarik di dunia diplomasi, coba pilih juga Jurusan Hubungan Internasional yang ada di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

5 dari 13 halaman

4. Cancer

Memiliki jiwa yang sensitif membuat zodiak ini memiliki keistimewaan soal rasa. Makanya kebanyakan pemilik zodiak ini punya bakat seni yang tinggi. Jurusan yang tepat dan direkomendasikan adalah Arsitektur.

Kamu bisa memilih jurusan ini di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) atau kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang ada di Surabaya.

6 dari 13 halaman

5. Leo

Memiliki tingkat imajinasi yang tinggi adalah kelebihan zodiak Leo. Sayang jika imajinasi ini tak disalurkan dengan baik. Ya siapa tahu jadi the next generation-nya JK Rowling, kan? So, biar imajinasi ini tersalurkan, sebaiknya kamu mengambil Jurusan Sastra.

Untuk universitas yang recommended, tentu kampus yang dekat dengan kebudayaan. Apalagi kalau bukan Universitas Gajah Mada (UGM).

7 dari 13 halaman

6. Virgo

Hal-hal yang berhubungan dengan nyawa manusia harus dikerjakan dengan semaksimal dan sesempurna mungkin. Nah, orang-orang yang cocok bekerja di bidang kesehatan adalah mereka yang perfeksionis. Mereka golongan kaum Virgo. So, jurusan yang cocok untuk Virgo adalah Kedokteran. Universitas yang bisa dipertimbangkan adalah Universitas Gajah Mada (UGM).

8 dari 13 halaman

7. Libra

Memiliki intuisi kuat, bijaksana, dan adil merupakan karakter Libra. Jurusan yang tepat untuk karakter demikian adalah Jurusan Hukum.

Selain itu, Libra juga dianggap pandai bernegosiasi dan mencari solusi, maka jika berada di jalur ini, akan membuat hidup para zodiak Libra menjadi lebih bahagia.

Universitas dengan Jurusan Hukum yang bisa direkomendasikan adalah Universitas Islam Indonesia (UII) yang ada di Kota Yogyakarta.

9 dari 13 halaman

8. Scorpio

Scorpio jika diibaratkan dengan tokoh superheroes adalah Batman, orangnya misterius. Namun, dia juga memiliki tingkat kepekaan tinggi dan bisa mengerti cara menghibur orang lain. Jurusan Psikologi dianggap sesuai untuk karakter zodiak yang suka membantu ini.

Kampus terbaik yang memiliki jurusan ini pun cukup banyak, seperti Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Indonesia (UI) , dan Universitas Gajah Mada (UGM).

10 dari 13 halaman

9. Sagittarius

Pemilik zodiak Sagittarius adalah sosok yang free spirit alias tak bisa dikekang. Untuk itu, kuliahnya pun harus bebas sesuai hati nuraninya. Sedangkan mereka memiliki jiwa seni alami. Jurusan Seni Musik pun sangat cocok untuk mereka.

Pilih kampus yang memiliki lingkungan yang mendukung untuk seluruh talentamu. Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta sangat direkomedasikan.

11 dari 13 halaman

10. Capricorn

Meski agak kaku, Capricorn tergolong orang yang cerdas dan cemerlang. Selain itu, mereka juga suka berpikir keras dan masuk akal. Jurusan Informatika disebut akan sangat cocok. Kamu bisa mempelajarinya di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

12 dari 13 halaman

11. Aquarius

Memiliki inovasi sudah jadi kelebihan zodiak ini. Makanya, jurusan yang tepat untuk para Aquarian adalah Jurusan Tata Busana di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta atau Jurusan Sekolah Busines dan Manajemen (SBM) di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

13 dari 13 halaman

12. Pisces

Pisces diisi oleh orang yang memiliki karakter sensitif dan sangat spiritual. Agar masa depan lebih baik dan tenang, maka sebaiknya mereka mengambil Jurusan Agama.

Universitas yang bisa dijadikan rujukan adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dikenal sebagai kampus UIN Jakarta.

Bagaimana dengan rekomendasi jurusan di atas? Apakah kamu sudah kuliah di jurusan yang tepat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini