Sukses

Garuda Indonesia dan Sriwijaya Sepakat Sinergikan Penerbangan

Garuda Indonesia dan Sriwijaya Group akan menandatangani kerja sama komersial codeshare.

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group akan melaksanakan penandatanganan kerja sama komersial codeshare dalam rangka memperkuat kerja sama jaringan (network) khususnya di wilayah domestik. Kerja sama kedua maskapai ini untuk memperkuat sinergi, mengembangkan pangsa pasar, dan meningkatkan profitabilitas. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengatakan, kerja sama ini akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di Tanah Air. 

“Kerja sama ini selain akan memperkuat jaringan kedua maskapai, juga akan meningkatkan pangsa pasar, mengingat masih banyak kota-kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial, namun belum dijangkau oleh penerbangan Garuda Indonesia. Adanya kerja sama dengan Sriwijaya Group diharapkan dapat lebih meningkatkan profitabilitas kami," kata Pahala dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Dengan tersebut, kedua maskapai dapat mengembangkan layanan masing-masing dengan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan. Perjanjian kerja sama codeshare ini adalah yang pertama bagi Garuda Indonesia dan Sriwijaya.

Sebagai tahap awal kerja sama dilaksanakan melalui dua skema kerja sama yang saling menguntungkan yaitu Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Ke depannya pembukaan rute-rute pada perjanjian tersebut akan dibagi dalam beberapa fase.

Sementara itu, Direktur Utama Sriwijawa Group, Chandra Lie mengatakan, kerja sama ini menjadi catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia, karena ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri.

”Komitmen kerja sama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif buat kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan dalam melakukan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke," dia menambahkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Kerja Sama

Adapun detail kerja samanya yaitu kerjasama codeshare/SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai (Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengoperasikan atau Sriwijaya sebagai maskapai yang mengoperasikan). Contoh : 1) Yogjakarta - Palembang (dioperasikan oleh Sriwijaya, dan dipasarkan oleh Garuda Indonesia atau sebaliknya).

Kedua, kerja sama codeshare dengan mengkombinasikan penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contoh 1) Rute Jakarta - Sampit via Semarang : Jakarta - Semarang (dioperasikan oleh Garuda), Semarang - Sampit (dioperasikan oleh Sriwijaya), 2) Rute Jakarta - Alor via Kupang : Jakarta - Kupang (dioperasikan oleh Garuda), Kupang - Alor (dioperasikan oleh Sriwijaya).

Ketiga, melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia atau Citilink akan menempatkan nomor penerbangan pada penerbangan yang dikerja samakan (codeshare) dengan Sriwijaya atau NAM Air. Sebaliknya Sriwijaya atau NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangannya pada penerbangan yang dikerja samakan dengan Garuda Indonesia atau Citilink.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.