Sukses

Cara Pilih Guest House Tepat agar Liburan Makin Asyik

Cari penginapan? Perhatikan cara yang tepat untuk mendapatkan guest house yang sesuai harapan berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang hobi travelling, mendapatkan penginapan terbaik tentu menjadi poin penting. Sebab, penginapan yang tepat akan membuat liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Itulah mengapa kebanyakan orang secara khusus meluangkan waktu untuk mencari dan menemukan penginapan yang tepat sejak awal.

Ada banyak jenis penginapan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung yang memadai di dalamnya. Namun, jika ternyata Anda hanya memiliki bujet terbatas untuk hal yang satu ini, maka memilih guest house yang tepat adalah suatu keharusan. Sebab, guest house cenderung menawarkan harga yang lebih ekonomis ketimbang hotel.

Ada banyak guest house yang bisa dijadikan pilihan. Pun demikian, tak sedikit orang yang kecewa dengan guest house yang didapatnya selama berlibur, hanya karena kurang persiapan. Untuk itu, perhatikan cara yang tepat untuk mendapatkan guest house yang sesuai harapan.

Berikut tips memilih guest house yang tepat seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tentukan Lokasi Terlebih Dahulu

Lokasi guest house tentu menjadi poin utama yang wajib Anda pertimbangkan sejak awal, sebab hal ini akan sangat memengaruhi kenyamanan Anda selama liburan. Jangan sampai niat Anda berlibur dengan hemat, justru boros, juga membuang waktu karena memilih guest house yang berlokasi jauh dan membutuhkan moda transportasi khusus untuk mencapainya.

Pastikan Anda memilih guest house yang berlokasi dekat dengan destinasi wisata pilihan Anda. Jika ternyata sulit, maka setidaknya guest house ini harus bisa dicapai dengan transportasi umum yang murah dan memadai.

Dengan lokasi guest house yang tepat, akan memudahkan Anda saat berlibur, sehingga semua rencana liburan Anda bisa berjalan dengan lancar dan nyaman. (Baca Juga: Cara Merencanakan Liburan Sendiri Tanpa Beban)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Lihat Fasilitas yang Diberikan

Meski memilih penginapan yang terbilang sederhana, Anda tentu tidak ingin menginap di guest house yang tidak memiliki fasilitas memadai. Setidaknya, guest house ini harus memiliki fasilitas standar yang layak dan cukup memadai, seperti bagaimana kamar tidurnya, kamar mandi, dapur, air minum, apakah disediakan sarapan, dan yang lainnya.

Semua itu wajib menjadi pertimbangan Anda saat memilih guest house, terutama bagi Anda yang akan membawa serta anggota keluarga ketika berlibur nanti.

3. Perhatikan Fasilitas di Dapur

Berbeda dengan jenis penginapan lainnya, guest house memang menyediakan dapur yang bisa digunakan oleh para tamu. Hal ini akan sangat membantu, sebab Anda bisa memasak atau bahkan menyiapkan kebutuhan makanan serta susu anak dengan mudah (jika Anda membawa serta anak-anak).

Namun, setiap guest house tentu akan memiliki fasilitas dapur yang berbeda-beda. Sehingga penting bagi Anda untuk memastikan kelengkapan fasilitas ini sejak awal, terutama jika Anda berniat untuk menggunakannya selama berlibur.

3 dari 4 halaman

4. Apakah Ada Fasilitas Tambahan

Kebutuhan Anda selama menginap akan terpenuhi dengan baik, jika guest house pilihan Anda memiliki beragam fasilitas tambahan yang memadai. Tanyakan sejak awal apakah guest house telah memiliki beragam fasilitas tambahan ini, seperti free Wi-Fi, kolam renang, area taman, dan lainnya. (Baca Juga: 6 Cara Memotong Anggaran Makan Saat Liburan)

5. Lihat Kondisi Kebersihannya

Pastikan Anda tidak melupakan poin yang satu ini, karena bisa berakibat fatal. Memilih guest house yang tidak memenuhi standar kebersihan, akan sangat berisiko merusak liburan Anda. Bukan hanya tidak nyaman, namun guest house yang tidak bersih dan terawat tentu bisa memberi Anda masalah kesehatan lainnya.

Untuk itu, pilihlah guest house yang bersih dan memenuhi standar saja, agar kegiatan menginap bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan. Karena jangan sampai sesampainya liburan, Anda justru jatuh sakit akibat guest house yang kotor.

4 dari 4 halaman

6. Perhatikan Waktu Check-In dan Check-Out

Jangan lupa untuk menanyakan waktu check-in dan juga check-out ini sejak awal, agar Anda tidak merasa diburu-buru. Sebab jika hal ini terjadi, tentu Anda akan dirugikan, karena bisa berakibat fatal, seperti ada barang yang tertinggal bila terburu-buru saat check-out.

Memang, soal waktu check-in dan check-out ini terkesan sepele. Namun kenyataannya, masih banyak orang yang melupakannya. Jadi, perhatikan ketentuan waktu check-in dan check-out ini dengan baik agar liburan Anda semakin menyenangkan.

Pilih Guest House yang Paling Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda yang berlibur dengan bujet minim, guest house bisa menjadi pilihan tempat menginap terbaik. Meski memiliki fasilitas yang standar saja, namun guest house biasanya cukup lengkap.

Namun yang terpenting lagi adalah selalu pastikan bahwa fasilitas guest house ini telah sesuai dengan kebutuhan Anda selama menginap nanti, agar liburan Anda menyenangkan dan berkesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini