Sukses

5 Kiat Jitu agar Mudah Mendapatkan Kerja dari Job Fair

Job fair menjadi salah satu kesempatan bagi para pencari kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Job fair menjadi salah satu kesempatan bagi para pencari kerja. Ada banyak perusahaan berpartisipasi dan tentunya sekaligus membuka lowongan pekerjaan di sana.

Dalam kesempatan itu, tentu kamu ingin mendapatkan pekerjaan, kan? Berikut kiat jitu agar mudah mendapatkan pekerjaan di job fair seperti dikutip dari swaratunaiku:

1. Bekali tubuh dengan nutrisi dan istirahat yang cukup

Sebaiknya kamu berolahraga sebelum datang ke job fair dilangsungkan. Sebagai contoh, jalan santai di pagi hari dan mencukupkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sebaiknya juga menghindari makanan berlemak yang biasanya berefek gemuk dan memperlambat kinerja otak.

Akan lebih baik jika mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Selain itu juga istirahat yang cukup, tujuh jam sehari. Dengan demikian, kamu pun lebih fit saat menghadiri job fair.

2. Perhatikan Penampilanmu Sebelum Datang ke Acara

Di beberapa perusahaan, berpenampilan menarik atau good looking memang menjadi standar penerimaan karyawan baru. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak di sektor dagang, pariwisata, ataupun perhotelan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu meminta pendapat dari orang-orang terdekatmu tentang penampilan sebelum berangkat. Lebih baik lagi jika kamu mengamati penampilan tiap karyawan yang bekerja di perusahaan bidikan. Selanjutnya, kamu bisa menirunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Buat CV sebaik dan semenarik mungkin

Buatlah CV atau Curriculum Vitae sejujur mungkin. Jika kamu pernah bekerja di pabrik roti selama empat tahun atau kuli bangunan dua tahun, ya tuliskan saja apa adanya. Sebaiknya juga tidak melebih-lebihkan. Selain jujur, buatlah CV sesingkat mungkin.

Paling tidak ya, tiga halaman sudah cukup. Yang jelas, sudah memuat identitas pribadimu dan pengalaman di dunia kerja. Jika memanng belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menonjolkan kata-kata yang bisa menggambarkan semangat tidak kenal menyerah dan ingin terus berkembang.

 

3 dari 4 halaman

4. Persiapkan segala hal sebelum wawancara

Tahap wawancara kerja memang menjadi momok dalam seleksi kerja, apalagi fresh graduate. Banyak pelamar kerja yang gagal saat melalui tahapan wawancara kerja. Jika ingin diterima kerja kamu harus mencari informasi tentang latar belakangan perusahaan yang dibidik.

Pahami motto, visi-misi, dan penjelasan mengenai posisi yang ingin kamu bidik. Sebisa mungkin kamu memberikan jawaban dengan lancar.

4 dari 4 halaman

5. Bangun Relasi Sebanyak Mungkin

Dalam acara job fair memang banyak lowongan kerja, tapi pasti dipenuhi para pencari kerja sepertimu. Untuk itu, bangunlah hubungan baik dengan mereka. Berusahalah akrab dengan mengajak bercanda untuk mengurangi ketegangan saat sesi wawancara.

Siapa tahu kalian bisa menjalin kerja sama dalam bentuk lain. Mendapatkan pekerjaan sata job fair memang gampang-gampang susah. Tapi jika kamu sudah tahu kiat jitunya, niscaya kesempatanmu mendapatkan pekerjaan jadi lebih besar. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.