Sukses

Gunung Merapi Meletus, AirAsia Batalkan 12 Penerbangan Dari dan Ke Yogyakarta

AirAsia membatalkan sejumlah penerbangan dari dan menuju Yogyakarta karena terdampak letusan Gunung Merapi. Rute mana saja?

Liputan6.com, Jakarta - AirAsiamembatalkan sejumlah penerbangan dari dan menuju Yogyakarta. Pembatalan ini sebagai dampak letusan Gunung Merapi yang juga menyebabkan Bandara Internasional Adisutjipto ditutup hingga 16.30 WIB.  

Head of Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono mengungkapkan, AirAsia akan menginformasikan status penerbangan terkini kepada penumpang yang terkena dampak melalui email dan SMS.

"Kami mengimbau semua penumpang untuk memperbarui nomor telepon dan alamat email yang terdaftar di www.airasia.com agar dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi terkini terkait status penerbangan," katanya di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Berikut daftar penerbangan yang terdampak pada hari ini akibat Gunung Merapi meletus, antara lain:

AK 346 tujuan Kuala Lumpur – Yogyakarta, status : Kembali ke bandara asal

AK 347, tujuan Yogyakarta – Kuala Lumpur, status : Dibatalkan

AK 348, tujuan Kuala Lumpur – Yogyakarta, status : Dibatalkan

AK 349, tujuan Yogyakarta – Kuala Lumpur, status : Dibatalkan

QZ 659, tujuan Singapura - Yogyakarta, status : Dibatalkan

QZ 7557, tujuan Yogyakarta – Jakarta, status : Dibatalkan

QZ 7550, tujuan Jakarta – Yogyakarta, status : Dibatalkan

QZ 7551, tujuan Yogyakarta – Jakarta, status : Dibatalkan

QZ 7552, tujuan Jakarta – Yogyakarta, status : Dibatalkan

QZ 7553, tujuan Yogyakarta – Jakarta, status : Dibatalkan

XT 8448, tujuan Bali – Yogyakarta, status : Dibatalkan

XT 8449, tujuan Yogyakarta – Bali, status : Dibatalkan

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Kompensasi

Penumpang yang penerbangannya dibatalkan dapat memilih salah satu dari pilihan layanan kompensasi (Service Recovery Options) berikut:

- Ubah jadwal (move flight): Pengubahan jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan dan bergantung pada ketersediaan kursi.

- Akun deposit (credit account): deposit senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 90 hari.

- Pengembalian dana (refund): Pengembalian dana secara penuh senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan tiket penerbangan dan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih saat transaksi.

- Ubah rute (rerouting): Ubah rute ke tujuan AirAsia terdekat ke Yogyakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi.

Penumpang juga disarankan untuk terus memantau www.airasia.com dan media sosial AirAsia untuk mengetahui perkembangan informasi lebih lanjut.

"Kami juga menyarankan penumpang untuk memeriksa jadwal perjalanan melalui fitur 'Pembelian Saya' di situs AirAsia sebelum menuju ke bandara," tambah Baskoro.

Untuk informasi dan bantuan lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan AirAsia melalui Customer Support.

"AirAsia akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk menyampaikan informasi dan perkembangan situasi terkini," tutup Baskoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.