Sukses

Strategi BPJS Ketenagakerjaan Hadapi Gejolak Pasar Saham

BPJS Ketenagakerjaan tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan strategi building (portofolio) pada saham-saham yang mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta BPJS Ketenagakerjaan sebagai pengelola dana Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menyiapkan strategi untuk menghadapi tantangan kondisi pasar modal yang tengah bergejolak. Ini seiring penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mencapai 5,68 persen sejak posisi awal 2018.
 
Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Amran Nasution menyatakan, pihaknya masih terus dapat tumbuh dan mencatatkan dana kelolaan per 31 Maret 2018 mencapai Rp 321,19 triliun.
 
Raihan itu, lanjutnya, telah berhasil meningkat sebesar 1,23 persen dari posisi pada 31 Desember 2017.
 
"Kita masih dapat tumbuh 1,23 persen di tengah melemahnya kondisi IHSG. Tentu saja ini didukung oleh pencapaian iuran dan strategi investasi yang tepat," jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (10/5/2018).
 
 
Amran menambahkan, jika saja kondisi pasar modal saat ini tumbuh positif, pihaknya memproyeksikan pertumbuhan dana kelolaan per Maret 2018 dapat mencapai Rp327 triliun.
 
Adapun strategi yang diterapkan BPJS Ketenagakerjaan untuk menghadapi gejolak pasar modal antara lain dengan melakukan diversifikasi portofolio, khususnya pada instrument yang terkena dampak paling minimal, atau mendapatkan gain dengan kondisi market seperti saat ini.
 
"Harapannya Bank Indonesia akan meningkatkan suku bunga acuan, di mana akan berdampak positif pada instrumen pendapatan tetap sehingga memberikan yield yang lebih menarik," tutur dia.
 
Dia menjelaskan, pihaknya menempatkan sebesar 71 persen portofolio mereka pada surat utang dan deposito, yang disinyalir memiliki dampak minimal terhadap gejolak IHSG.
 
"Portofolio pendapatan tetap yang sebesar 71 persen tersebut merupakan core portfolio. Kkta selalu menjaga agar tetap matching dengan kebutuhan likuiditas dan liabilitas dari setiap program yang dikelola," tambahnya.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan strategi building (portofolio) pada saham-saham yang mengalami penurunan harga, namun memiliki fundamental yang bagus.
 
Sebagai pertimbangan, ia menceritakan pengalaman ketika BPJS Ketenagakerjaan dapat menghadapi situasi pasar modal Indonesia yang terombang-ambing pada masa lalu. Dia pun menilai, kondisi fundamental Indonesia yang masih positif saat ini dapat segera memulihkan situasi di dalam pasar modal.
 
"Kondisi market tidak dapat kita duga, tinggal bagaimana investor memanfaatkan momentum. Kami optimis kondisi ini akan membaik, IHSG akan kembali menguat karena kondisi fundamental Indonesia yang masih sangat baik," pungkas Amran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begini Perkembangan Investasi Properti BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) memastikan investasi untuk sektor properti. Sejauh ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah memberikan hampir 6 ribu rumah kepada para peserta BPJSTK.

Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Amran Nasution menyampaikan, investasi properti seperti pemberian rumah itu tidak lepas dari keputusan pihak perbankan yang berperan memberikan pembiayaan.

"Jadi di sini kita baru melepas perumahan sebesar Rp 287 miliar. Itu direct, yang langsung bekerjasama dengan perbankan dari dana yang diblok untuk menurunkan suku bunganya," ujar dia di Menara Jamsostek, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Dari total dana tersebut, dia menyebutkan rumah yang sudah tersalurkan berjumlah 1.149 unit. "Ini perkembangannya agak tidak terlalu menggembirakan, karena setiap yang kita salurkan, perbankan juga berhak tidak terlalu menyetujui karena bank practice-nya tersendiri," tambah dia.

Menyikapi hal tersebut, Amran mengatakan BPJSTK telah memberikan rumah kepada PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebanyak kurang lebih 4.500 unit, yang ditujukan untuk para peserta BPJS.

"Kalau di jumlah dengan yang awal kita berikan, kita sudah bisa memberikan sekitar hampir 6.000 unit rumah," ujar dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sempat mendorong BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbesar investasi dana kelolaan di sektor properti, agar memiliki manfaat jangka panjang bagi pekerja kelas menengah ke bawah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

    BPJS Ketenagakerjaan

  • Pasar adalah tempat orang berjual beli. Namun pasar berkaitan dengan kegiatannya, bukan tempatnya.

    pasar

  • IHSG

Video Terkini