Investasi Emas atau Berlian, Ini Perbandingan yang Harus Anda Ketahui

Oleh Fitriana Monica Sari pada 11 Mei 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2018, 08:00 WIB
4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Investasi Emas

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini, emas masih menjadi salah satu investasi yang baik. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bakal terhindar dari fluktuasi harga emas di pasaran.

Misalnya saja saat harga emas batangan mulai turun, mungkin Anda akan mempertimbangkan ulang untuk investasi emas. Jika demikian, sebaiknya Anda mulai memikirkan pertanyaan ini. Apakah naik turunnya harga emas mengganggu rencana investasimu? Apakah Anda mulai berpikir untuk mencoba investasi lain? Misalnya berlian?

Dikutip dari Swara Tunaiku, beberapa negara seperti Eropa dan Amerika Serikat, memanfaatkan berlian hanya sebagai aksesoris saja. Berbeda dengan India, Cina, dan Rusia, mereka justru memanfaatkannya sebagai peluang investasi.

 

2 dari 3 halaman

Berlian sebagai investasi

Victoria's Secret in Paris (0a)
Ilustrasi berlian. (Sumber diamondhedge.com)

Indah dan kilaunya berlian memang menarik perhatian sebagian orang. Hampir semua orang percaya kalau berlian bisa menjadi peluang investasi yang menjanjikan keuntungan. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum berinvestasi berlian.

Perlu Anda tahu bahwa harga berlian dipengaruhi oleh inflasi, sehingga sebaiknya Anda tak hanya berpikir sekali sebelum berinvestasi. Namun, berlian sendiri merupakan barang investasi yang memiliki nilai tinggi, baik saat dibeli maupun dijual. Nah, keberadaan nilai tinggi inilah yang bisa Anda jadikan patokan untuk berinvestasi berlian.

Berlian yang berkualitas adalah berlian yang mempunyai sertifikat. Pada sertifikat tersebut biasanya berisi penjelasan karakteristik batu berlian. Sertifikat ini penting untuk mengetahui keaslian berlian.

3 dari 3 halaman

Emas sebagai investasi

Temuan emas (1)
Ilustrasi emas batangan. (Sumber Twitter/@allthingsbus)

Emas menjadi barang yang umum dijadikan investasi oleh orang-orang. Tak hanya itu, emas juga dijadikan aset kekayaan seseorang. Permintaan emas juga terus meningkat. Tingginya permintaan terhadap emas ini yang kemudian menjadikannya sangat umum.

Kalau kita kaitkan mana yang kira-kira lebih baik dijadikan investasi, maka Anda perlu mencari informasi yang lengkap tentang kedua barang tersebut.

Berlian masih tergolong baru di dunia investasi, sementara emas sudah bertahun-tahun menjadi alat investasi yang menguntungkan. Fluktuasi harga berlian masih belum stabil dibandingkan dengan emas yang cenderung konsisten. Risiko mengalami kerugian bisa lebih besar akibat fluktuasi harga yang tak stabil. Jadi, masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian.

Sementara itu, emas mengikuti harga pada saat itu, naik turunnya harga emas tak terlalu dinamis seperti berlian. Artinya, saat mengalami untung, emas tak terlalu untung seperti berlian, tetapi juga tak terlalu rugi seperti berlian.

Pada umumnya, berlian ada dalam bentuk perhiasan, sedangkan emas dalam bentuk batangan. Kira-kira mana nih yang cocok untuk Anda jadikan investasi?

Lanjutkan Membaca ↓