Sukses

3 Trik Hadapi Suasana Kantor yang Tak Menyenangkan

Bagi sebagian orang, tempat kerja tak selalu menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, tempat kerja tak selalu menyenangkan. Mulai dari atasan yang tak mau mendengarkan saran bawahan, rekan kerja yang agresif saat rapat tapi pasif saat berhadapan dengan pekerjaan, hingga banyaknya tugas tambahan.

Faktanya, di tempat kerja, memang banyak hal terjadi di luar kendali Anda. Bahkan Anda akan merasa kesulitan menegur rekan kerja yang malas-malasan saat di kantor. Suasana seperti itu tentu sangat mengganggu.

Untuk menghadapinya coba tiga trik berikut seperti dilansir dari Inc.com, Jumat (11/5/2018):

1. Perbanyak senyum

Menyebarkan hawa positif tak selalu harus dengan bersikap berlebihan. Cukup dengan senyuman ramah, khususnya di tempat kerja yang kurang menyenangkan, Anda bisa menyebarkan hawa positif.

Senyuman merupakan cara bersikap ramah tanpa harus khawatis membuang waktu kerja. Cobalah tersenyum setiap berbicara atau berdiskusi dengan rekan kerja. Atau jangan lupa ucapkan terima kasih setiap kali Anda mendapatkan bantuan.

2. Berani bicara

Saat Anda menemukan ada yang tidak beres dengan sikap rekan kerja atau atasan yang berdampak negatif di kantor, bicaralah. Ingat untuk melakukannya dengan tenang, saling menghargai dan profesional agar pihak lain tidak merasa tersinggung dan bersikap defensif.

Ingat, pemimpin yang baik selalu mampu membangun dialog di tempat kerja. Saat Anda paham mengatasi konflik, maka kepercayaan dari atasan dan rekan kerja juga semakin kuat.

3. Berkolaborasi

Orang-orang cenderung lebih aktif terlibat saat mereka paham apa yang terjadi di kantor. Cobalah untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan lihat bagaimana mereka dapat berkontribusi membuat suasana kerja lebih menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mau Disukai Rekan Kantor? Coba Tiru 4 Trik Jitu Ini

Mendapatkan perhatian dari rekan-rekan di kantor tidaklah mudah untuk dilakukan. Hal ini karena Anda akan bertemu banyak orang dengan latar belakang serta sifat yang berbeda-beda pula. Meskipun begitu, mendapatkan perhatian tentu tidaklah hal buruk, bahkan hal tersebut merupakan satu dari banyak hal yang mesti Anda lakukan ketika mulai memapaki dunia karier. 

Dengan orang lain mengetahui potensi Anda, Anda akan mudah diingat dan ditempatkan sesuai dengan potensi yang Anda miliki. Beragam kesempatan baik akan menanti Anda saat Anda telah dikenal oleh banyak orang kantor, apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan citra diri serta kualitas Anda dalam bekerja. 

Lantas, sifat apa yang perlu Anda kuasai agar disukai orang banyak di kantor? Apa yang Anda perlu lakukan untuk mendapatkan perhatian yang jujur dan menarik lawan bicara Anda? Dilansir dari Inc, Rabu (02/5/18) berikut tips supaya Anda mudah disukai saat bekerja: 

1. Berikan Pujian yang Jujur

Setiap orang pasti senang saat mendapatkan pujian apalagi jika orang tersebut diketahui jarang menerima pujian dari orang lain. Cobalah memberikan pujian yang jujur pada rekan kerja maupun orang lain saat berada di kantor.

Berikan pujian atas apa yang mereka capai dan kerjakan selama ini. Bicaralah dari sisi mereka sehingga Anda dapat memberikan pujian secara tulus dan menyenangkan. 

2. Dengarkan Orang Lain Bicara Tentang Dirinya

Selain memberikan pujian yang tulus, Anda tentunya juga harus mendengarkan orang lain lebih banyak untuk berbicara mengenai diri mereka sendiri. Saat berbicara dengan orang lain, berilah ruang yang besar untuk lawan bicara Anda mengutarakan apa yang mereka rasakan, apa yang mereka lalui. 

Ini memberikan kesan bahwa Anda tidak hanya ingin menjadi pusat perbincangan Anda, tapi Anda merupakan pribadi yang senang jika orang lain menceritakan perasaanya pada Anda. Lihatlah orang lain terlebih dahulu baru fokus pada diri Anda sendiri. Dengan ini Anda akan mudah disukai oleh rekan maupun atasan Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.