Sukses

Warren Buffet: Kuliah Tak Menjamin Anda Bisa Capai Kesuksesan

Miliarder dunia Warren Buffet berpendapat bahwa kuliah bukanlah satu-satunya jalan untuk mencapai kesuksesan.

Liputan6.com, New York - Orang terkaya dunia, Warren Buffet, menilai kuliah tidak selamanya membantu seseorang untuk mencapai kesuksesan. Menurut di, paling terpenting dalam kehidupan seseorang adalah investasi pada diri mereka masing-masing. 

"Saya pikir kuliah tidak semuanya cocok dan bekerja bagi setiap orang. Pendidikan terbaik ialah berinvestasi pada diri kalian masing-masing dan hal ini belum tentu harus dilalui dengan kuliah maupun universitas," tuturnya seperti dilansir dari laman CNBC, Rabu (9/5/2018). 

Buffet juga menjelaskan bahwa kesuksesan bisa Anda dapatkan dan pelajari dari setiap orang yang hadir dalam hidup Anda. Anda juga bisa memilih mentor sendiri untuk menuntun Anda pada kesuksesan. 

"Saya pikir Anda bisa belajar dari banyak orang. Tak selamanya untuk mencoba sesuatu harus berdasarkan ide Anda. Terkadang masukan dari orang lain juga sangat menentukan. Anda hanya tinggal merealisasikan apa yang sudah Anda lihat dan dengar," ujarnya. 

Sementara itu, Buffet juga mengungkapkan perlu ada kebiasaan positif yang Anda bangun setiap hari untuk meraih kesuksesan. Salah satu kebiasaan baik yang ia bangun contohnya ialah dengan membaca buku. 

"Saya belajar sesuatu hampir semua berasal dari buku. Banyak penulis buku yang menjadi favorit saya. Saya menghabiskan waktu setidaknya 5 sampai 6 jam sehari hanya untuk membaca," tuturnya. 

"Bacalah 500 halaman dalam sehari. Beginilah cara Anda mendapatkan suatu ilmu, tapi saya yakin tidak semua orang berani melakukannya," kata Buffet. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebiasaan lain

Selanjutnya, ialah kebiasaan untuk mengamati kesuksesan orang lain. Buffet menuturkan salah satu yang menjadikannya sukses hingga saat ini ialah mengamati kesuksesan orang lain dan mempelajari hal tersebut pada dirinya. 

Ia menyatakan pentingnya bagi seseorang untuk memiliki contoh panutan yang jelas dalam mencapai keberhasilan. "Sekolah bisnis harus memiliki panutan yang jelas untuk definisi kesuksesan. Misalnya saja, ada founder Nebraska Furniture Mart yaitu Rose Blumkin di Omaha. Blumkin bahkan tidak pernah menyentuh pendidikan sekolah sama sekali dalam hidupnya," tandas Buffet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini