Sukses

Dua Pekan Jelang Ramadan, Begini Kondisi Harga Daging dan Sayur di Pasar Kramat Jati

Saat ini harga daging lokal masih tetap stabil. Namun, tidak menutup kemungkinan harga tersebut dapat naik ketika mendekati Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Sepekan jelang pelaksanaan Ramadan, sejumlah harga komoditas pangan seperti daging sapi di Pasar Induk Kramat Jati masih terbilang stabil. Rata-rata pedagang menjual dengan harga kisaran mencapai Rp 100 ribu per kilogram (kg). Sedangkan untuk daging beku impor dibanderol Rp 80 ribu per kg.

Salah satu pedagang daging, Fajar mengungkapkan, untuk saat ini harga daging lokal masih tetap stabil. Namun, tidak menutup kemungkinan harga tersebut dapat naik ketika mendekati Lebaran.

"Stabil kalau daging lokal untuk sekarang. Daging segar lokal dikisaran Rp 110 ribu -Rp 115 ribu per kg normal. Kemudian daging beku impor dari India itu dijual Rp 80 ribu per kg. Menjelang lebaran biasanya naik," ungka Fajar kepada Merdeka.com di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Minggu (6/5/2018).

Fajar mengatakan, kenaikan harga yang terjadi tidak hanya karena permintaan pasar yang besar menjelang Ramadhan dan Lebaran. Namun, juga karena ketersedian stok yang tidak mencukupi.

"Kenaikan bisa sampai Rp 120 ribu per kg. Kalau barang kosong bahkan bisa sampai Rp 130 ribu per kg," imbuhnya.

Selain daging, Indra, pedagang ayam di Pasar Kramat Jati juga menuturkan, sampai saat ini belum ada kenaikan secara signifikan untuk harga jual ayam potong. Untuk harga jual ayam masih berada dikisaran Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per ekor.

"Belum begitu tinggi untuk harga. Kalau ayam tergantung besarnya juga kita jual Rp 35 ribu- Rp 40 ribu per ekor," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Indra kenaikan untuk ayam sendiri biasanya terjadi ketika sudah memasuki bulan Ramadan. "Kenaikan bisa sampai Rp 7.000 - 8.000. Bahkan bisa 60 ribu," kata Indra.

Selain daging dan ayam potong, harga komoditas lainnya seperti cabai, bawang, tomat, dan kentang juga terpantau normal.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sayur

Salah satu pedagang, Ibu Muji menjelaskan, untuk harga cabai merah dan cabai keriting masih bertengger di kisaran Rp 30 ribu per Kg, sedangkan untuk cabai hijau sendiri Rp 28 ribu per Kg.

Sementara untuk harga bawang merah dijual berkisar Rp 30 ribu per kg dan untuk bawang putih dijual Rp 28 ribu per kg.

"Selain itu untuk tomat Rp 10 ribu per kg dan kentang Rp 12 ribu per Kg. Masih terbilang normal," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan menjelang Ramadan. Kebijakan tersebut antara lain berupa menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk sejumlah komoditas pangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini