Sukses

BRI Imbau Nasabahnya Segera Migrasi Kartu ATM ke Teknologi Chip

Manajemen BRI menyatakan, kesadaran nasabah kurang menjadi salah satu kendala migrasi kartu ATM/Debit ke teknologi chip.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Kepatuhan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Achmad Solichin Lutfiyanto mengajak semua nasabah agar segera melakukan migrasi kartu ATM dan Debit dari pita magnetik (magnetic stripe) ke teknologi chip.

Dia menjelaskan, salah satu keuntungan kartu dengan teknologi chip adalah tidak mudah menjadi sasaran kejahatan skimming.

"Kartu dengan chip saat di-skimming minimal butuh waktu 10 menit, tidak akan keburu," kata Solichin, di kantornya, Jumat (4/5/2018).

Akan tetapi, hingga saat ini baru sekitar lima persen nasabah yang melakukan migrasi kartu. "Salah satu kendala migrasi kartu adalah kurangnya kesadaran nasabah," ujar dia.

Nasabah yang melakukan migrasi kartu ke teknologi chip tidak akan dikenakan biaya. Namun penggantian kartu harus dilakukan sendiri oleh nasabah di kantor cabang terdekat.

Solichin mengungkapkan, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses migrasi kartu. Salah satu adalah banyak nasabah yang sudah merasa nyaman dengan kartu yang saat ini sudah mereka pakai. Oleh sebab itu, dia merasa perlu meningkatkan kesadaran nasabah melalui edukasi.

Selain itu, banyaknya jumlah nasabah BRI yang tersebar di seluruh wilayah di tanah air juga menjadi kendala dalam hal distribusi dan penyediaan kartu.

"Kita atur lebih detail lagi, akan dijadwalkan untuk para nasabah datang, kita akan hubungi secara personal untuk datang ke kantor. Ini untuk bisa tertata dengan baik."

Dia mengungkapkan, BRI saat ini terus mengembangkan teknologi terkini untuk mitigasi risiko skimming. Lantaran teknologi yang digunakan para pelaku juga selalu berkembang.

"Salah satunya kita gunakan big data juga. Kalau ada yang terdeteksi lakukan transaksi dua kali saja di daerah yang berbeda dengan waktu berdekatan itu kita langsung warning. Kita akan block."

Selain itu, perkembangan teknologi dilakukan untuk menekan fraud dari skimming agar tak memberi dampak yang besar.

"Teknologi ini terus dikembangkan, supaya nasabah dan masyarakat bisa terus merasa nyaman saat bertransaksi,” tutur dia.

 

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BRI Siapkan Rp 160 Miliar

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan 15 juta kartu debit bermigrasi menggunakan chip hingga akhir tahun ini. Jumlah itu baru sekitar 30 persen dari total 50 juta kartu debit yang harus bermigrasi.

Migrasi tersebut dilakukan secara bertahap. Ini karena selain jumlah nasabah BRI yang cukup banyak, juga diperlukan biaya untuk penggantian kartu.

"Tahun ini kita ada anggaran Rp 160 miliar. Dan biaya tersebut tidak kita kenakan ke nasabah yang sebagai pemilik kartu," ungkap Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo di kantornya, Jumat (4/5/2018).

Dia merinci, biaya dari pergantian setiap kartu mencapai USD 30 Sen. Targetnya, migrasi kartu chip BRI ini akan rampung pada 2019. Meski mematok target 15 juta, Indra mengatakan masih terbuka kemungkinan jumlah migrasi kartu yang dilakukan tahun ini bisa melebihi 15 juta kartu.

Adapun wilayah nasabah yang menjadi fokus BRI untuk melakukan migrasi kartu debit ke chip pada tahun ini di Pulau Jawa. BRI pun sudah memetakan wilayah tempat tinggal nasabah pemilik kartu baik di daerah hingga kota besar.

"Ini dilakukan bertahap karena selain kita harus persiapkan kartunya, kita juga harus lakukan edukasi dan simulasi ke para pegawai kami di kantor cabang," jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    BRI

  • Kartu ATM adalah kartu yang digunakan para nasabah bank untuk bertransaksi di mesin ATM.

    kartu atm