Sukses

8 Trik Menabung ala Miliarder, Dijamin Bisa Cepat Kaya

Menabung merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Baaimana ya kira-kira menabung ala miliarder?

Liputan6.com, Jakarta - Menabung saat memasuki dunia karier memang cukup sulit untuk dilakukan. Saat baru menerima gaji pertama, Anda  dihadapkan pada banyak pilihan serta keinginan untuk memiliki beberapa barang impian. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini harus dihentikan? 

Selain hal tersebut buruk bagi kondisi keuangan Anda, Anda juga tidak akan memiliki kesempatan lebih untuk mengalokasikan sedikit dana yang ada bagi masa depan Anda. Penasaran bagaimana sebaiknya Anda menyisihkan pendapatan Anda secara baik dan benar? Dilansir dari Rd, Kamis (19/4/2018) berikut tips menabung ala miliarder: 

1. Jangan Anggarkan

Penulis buku terkenal David Bach menyatakan sungguh hal yang mustahil untuk dapat menganggarkan pengeluaran Anda secara detail. Selain karena setiap orang sudah memiliki kesibukanya sendiri-sendiri, Anda akan terkena stres dan juga frustasi dalam kehidupan Anda sendiri. Upayakan menabung, namun tetap jangan sampai mengorbankan kehidupan Anda sendiri.

2. Hindari Membeli Keinginan

Memasuki waktu gajian, tentu Anda tidak sabar untuk membeli barang-barang yang sudah Anda idam-idamkan. Bahkan kalau perlu, Anda sudah terlebih dahulu membuat daftar barang apa saja yang Anda inginkan nantinya. Faktanya, menurut Census Bureau Data ada sekitar 30 juta orang di muka bumi ini yang terbiasa membeli barang-barang keinginan mereka dibanding dengan apa yang mereka butuhkan. 

Oleh karena itu, kebiasaan inilah yang dipercaya sering mengantarkan seseorang kepada lembah kemiskinan. Ini karena mereka banyak menggunakan uangnya pada pengeluaran yang beragam berdasarkan keinginan dan tidak fokus pada kebaikan masa depan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Jangan Sering Pinjamkan Uang Kepada Teman

Kebaikan Anda pada seorang teman tidaklah harus ditunjukan dengan kedermawanan Anda dalam meminjamkan uang. Anda tentu diperbolehkan meminjamkan uang pada mereka, tapi Anda harus bisa memastikan mereka bisa mengembalikanya pada waktu dan persetujuan yang kalian berdua telah sepekati. 

Meminjamkan uang pada sembarang orang hanya menjadikan penghasilan Anda tidak signifikan dan tidak berwujud kesuksesanya. Daripada menanggung malu karena menagih pada sembarang orang, pastikan bahwa orang yang Anda pinjamkan tersebut dapat dipercaya dan sudah Anda kenal baik. 

4. Jadi Pengguna Uang yang Pintar

Tips ketiga kali ini ialah jadilah pengguna yang cerdas ketika menggunakan pemasukan Anda sendiri. Anda tidak perlu repot-repot secara teliti mencatat semua pengeluaran Anda, namun buatlah kebiasaan positif untuk membangun ritme yang baik dalam menggunakan uang.

Misalnya saja, daripada Anda harus membeli suatu produk dengan ukuran yang besar namun bisa digantikan dengan ukuran yang lebih kecil dan harganya lebih murah serta kegunaanya maksimal, mengapa harus membeli satu yang besar tersebut? Cermatilah apa yang Anda putuskan pada uang Anda sendiri

 

3 dari 4 halaman

5. Beri Diri Anda Reward

Saat menerima gaji, Anda jelas berhak menerima hadiah atau reward untuk diri Anda sendiri. Anda telah bekerja keras dan menghabiskan waktu berjam-jam mengerjakan serta mengedepankan kehidupan karier Anda. Berilah diri Anda hadiah terlebih dahulu baru kemudian menabung atau berinvestasi. 

6. Hindari Jebakan Lifestyle

Selain menghindari sebesar mungkin jebakan gaya hidup (lifestyle), jutawan juga tidak pernah menaikan standar hidup mereka hanya karena pendapatan mereka naik. Dengan pendapatan yang tinggi, mereka justru cenderung memilih tampil dengan sederhana dan sebiasa mungkin. Hal ini tentu bisa Anda contoh bagi yang baru memulai karier maupun menabung. 

Hindarilah gaya hidup yang buruk hanya untuk tampil trendy di mata teman-teman Anda, tapi berpikirlah bagaimana apa yang Anda peroleh dapat bermanfaat sebaik-baiknya bagi orang sekitar Anda. 

 

4 dari 4 halaman

7. Jadilah Hemat, Bukan Murah

Sebuah riset dari Corley Study menyebutkan bahwa setidaknya 66 persen orang dari kalangan kebawah lebih memilih produk murah saat mereka membeli sesuatu. Ini adalah cara hemat yang salah. Hemat tidak menjadikan Anda lantas membeli semua barang yang murah tanpa memandang kualitas yang ada. 

Karena barang yang murah bias-anya lebih cepat rusak dan tidak terpakai dalam waktu yang singkat. Selain ini membuat Anda boros karena harus membeli barang tersebut kembali, Anda akan terjebak pada kebiasaan buruk membeli barang yang juga buruk. Jadilah hemat, bukan murah. 

8.  Pantang Menyerah 

Mungkin hal ini terdengar klise dan klasik bagi Anda, namun hal inilah yang akan terus membantu Anda untuk tetap semangat membangun kebiasaan positif dalam hidup Anda, terutama dalam hal menabung. Teruslah berusaha dan jangan menyerah untuk melakukan suatu yang baik bagi masa depan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini