Sukses

BMKG Dapat Pasokan Listrik 3,4 Juta VA dari PLN

Ketersediaan pasokan listrik diharapkan jadi penunjang kegiatan yang dilakukan oleh BMKG.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendapatkan pasokan listrik sebesar 3.465.000 VA melalui layanan premium dari PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya). Ketersediaan pasokan listrik ini diharapkan menjadi penunjang kegiatan yang dilakukan oleh instansi pemantau cuaca tersebut.

‎Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, ketersediaan energi daya listrik yang stabil sangat diperlukan dalam penelitian dan pemantauan yang dilakukan BMKG.

Dengan demikian, BMKG bisa memberikan informasi yang akurat tentang cuaca, iklim, pergerakan bumi, serta informasi lainnya terkait meteorologi, klimatologi dan geofisika.

"Untuk itu dalam mendukung kinerja kami, maka kami melakukan pemasangan listrik layanan premium berdaya listrik sebesar 3.465.000 VA," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dwikorita menyatakan, selama ini BMKG memang memiliki ‎kebutuhan listrik yang berdaya tinggi. Oleh sebab itu, layanan listrik premium seperti ini sangat dibutuhkan untuk menjamin pasokan listrik bagi BMKG.

"Ini agar tidak terputus karena padam lampu yang dikhawatirkan dapat terjadi suatu waktu. Ke depannya, kami berharap dapat meningkatkan kerja sama lainnya dengan PLN maupun lembaga atau institusi lainnya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, General Manajer PLN Disjaya Ikhsan Asaad ‎mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada 105 pelanggan yang tergabung dalam layanan premium PLN Disjaya. Sedangkan BMKG menjadi pelanggan ke-106 yang menikmati layanan tersebut.

"Untuk dapat memberikan informasi yang akurat tentang cuaca, iklim, pergerakan bumi, serta informasi lainnya terkait meteorologi, klimatologi, dan geofisika, BMKG memerlukan pasokan listrik yang handal dalam upaya observasi, pengolahan data serta diseminasi informasi untuk kepentingan masyarakat," tutur dia.

Selain itu, lanjut Ikhsan, pemasangan listrik premium ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk mendukung seluruh kegiatan pemantauan cuaca dan pergerakan bumi. Hal tersebut juga berkaitan erat dengan bidang lain seperti penerbangan, antariksa dan lain-lain.

"Harapan kami kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak yang terkait, serta dapat menjadi suatu hal yang dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen. Sehingga dapat bersama-sama mendukung kemajuan bangsa dan membangun Jakarta yang lebih baik," kata dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.