Jurus Komisioner Baru KPPU Jaga Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

Oleh Septian Deny pada 02 Mei 2018, 18:46 WIB
Diperbarui 04 Mei 2018, 18:13 WIB
(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang baru dilantik pada hari ini bertekad untuk turut menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan pokok, khususnya jelang Ramadan dan Lebaran.

Anggota Komisioner KPPU Chandra Setiawan mengatakan, dalam menjaga kestabilan harga, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga (K/L) terkait.

‎‎"Kita akan bersinergi dengan kementerian terkait, terutama Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. KPPU juga punya MoU dengan Kapolri," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Selain itu, lanjut dia, KPPU akan menggiatkan dialog dengan para pelaku usaha di dalam negeri. Hal ini dianggap penting untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha, khususnya yang berkaitan dengan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

"Sehingga kita akan mendengar dari pelaku usaha apa yang mereka alami, hambatan apa, agar mereka bisa menyiapkan suplai yang cukup dan kendala yang mereka hadapi itu lah yang akan kita support pelaku usaha," jelas dia.

Menurut Chandra, jika suplai mencukupi dan distribusi lancar, maka tidak ada alasan harga bahan kebutuhan pokok bergejolak.

"Dengan demikian suplai cukup dan tidak ada alasan menaikkan harga," tandas dia.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lantik 9 Komisioner KPPU Periode 2018-2023

Presiden Joko Widodo melantik 9 komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) periode 2018-2023. (Dok Septian Deny)
Presiden Joko Widodo melantik 9 komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) periode 2018-2023. (Dok Septian Deny)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sembilan komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) periode 2018-2023. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara.

Pelantikan sembilan komisioner tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 81P Tahun 2018 tentang Pemberhentian Dengan Hormat dan Pengangkatan Komisioner KPPU tertanggal 27 April 2018.

Salah satu anggota komisioner yang dilantik, Chandra Setiawan, mengatakan, ‎sembilan komisioner yang dilantik siang ini merupakan angkatan keempat sejak berdirinya KPPU 18 tahun lalu.

"P‎ertama kami harus mengucapkan terima kasih kepada Presiden.‎ Karena dalam sejarah berdirinya KPPU, sudah tiga angkatan, ini angkatan keempat baru dilantik oleh Presiden.‎ Ini sejarah bagi KPPU, menunjukkan penghargaan negara terhadap eksistensi kepada KPPU," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut Chandra, KPPU akan terus bersinergi dengan pemerintah guna menjaga iklim berusaha yang baik di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan sektor usaha di dalam negeri bisa terus tumbuh secara berkeadilan.

"Tentu saja kami akan berusaha bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini kementerian terkait, termasuk Kapolri dalam konteks ketahanan pangan. Sehingga kehadiran KPPU dirasakan kita semua, khususnya di dalam hal menjaga situasi yang kondusif bagi pelaku usaha baik besar, menengah, kecil dan mikro," kata dia.‎

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Tinggal di Kanada, Harry dan Meghan Diminta Bayar Biaya Keamanan Sendiri