Sukses

Penuhi Keinginan Jokowi, Wagub Sandiaga Uno Langsung Pesan Bus Listrik

Sandiaga Uno berharap, uji coba mobil listrik bisa dilakukan tahun ini untuk mendukung pelaksanaan perhelatan olahraga Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan segera mewujudkan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengganti bus dan transportasi publik yang beroperasi di Ibu Kota, dari sebelumnya menggunakan energi fosil menjadi listrik.

"Langsung dijalanin, Pak Presiden perintah," kata Sandi, ‎saat menghadiri Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition ke-42, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/5/2018).

Menurut Sandi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta langsung memesan bus dengan sumber energi listrik. Namun, sebelumnya akan dilakukan uji coba te‎rlebih dahulu sebelum alat transportasi tersebut resmi beroperasi sebagai transportasi umum di Jakarta.

"Saya sampaikan kita langsung order untuk pilot project dan Pak Presiden bilang dicoba dulu," tutur Sandiaga.

Sandi berharap, uji coba bisa dilakukan tahun ini untuk mendukung pelaksanaan perhelatan olahraga Asian Games 2018. Selain itu, demi melancarkan operasional bus dan transportasi publik listrik, maka akan disiapkan infrastruktur pendukung.

"Saya mau pilot project dulu di beberapa rute utama dan disiapkan prasarananya juga. Kita ingin kalau bisa tahun ini. Alangkah baiknya pas Asian Games ada satu showcase," Sandi memaparkan.

Sandi pun akan mengistruksikan pimpinan Transjakarta ‎untuk melakukan uji coba operasional bus listrik.

"Tadi perintah Pak Presiden sudah sangat jelas. Saya instruksi ke Transjakarta langsung ke CEO-nya Transjakarta," tandasnya.

Tonton Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Jakarta Pakai Bus Listrik, Jokowi Beri Kode ke Sandiaga Uno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta angkutan publik di Jakarta ‎mulai menggunakan energi listrik. Dia pun menyinggung hal tersebut ke Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Jokowi menjelaskan, penggunaan kendaraan listrik di kota-kota besar semakin masif. Hal ini seperti kota-kota di China yang telah beralih menggunakan energi listrik dari sebelumnya menggunakan energi fosil.

Salah satunya Kota Shenzen yang pada akhir 2017 ‎telah mengoperasikan 16.300 bus dan angkutan publik yang menggunakan energi listrik.

"Menurut artikel, Tiongkok tengah mengganti 100 ribu bus publik setiap tahun," kata Jokowi, saat membuka Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition ke-42, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/5/2018).

Fenomena penggunaan kendaraan listrik ini akan meluas ke negara lain. Dia pun menginginkan Jakarta mulai mengganti bus dan angkutan publik yang saat ini menggunakan BBM ke listrik.

Jokowi pun menyinggung Sandiaga Uno yang juga menghadiri Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition ke-42.

"Ini dimulai dari Jakarta dulu Bapak Wagub yang hadir di sini. Ganti dengan bus yang listrik supaya enggak kalah dengan yang tadi saya sampaikan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.