Sukses

Skema Ganjil Genap Bakal Berlaku di Pintu Tol Karawaci 2

Masa uji coba skema ganjil genap di ruas tol Jakarta-Tangerang diberlakukan mulai 7 Mei-11 Mei 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap di ruas tol Jakarta – Tangerang akan diperluas ke Pintu Tol Karawaci 2 dan Karawaci 4 (arah Jakarta). Masa uji coba akan diberlakukan mulai 7 Mei-11 Mei 2018.

Kebijakan ini masih menjadi bagian paket kebijakan penanganan kemacetan di Tol Janger (Jakarta-Tangerang) yang mulai diujicobakan pada 16 April 2018 lalu bersamaan dengan paket kebijakan penanganan kemacetan di Tol Jagorawi (Cibubur – Jakarta).

Dengan ada rencana pemberlakuan skema ganjil genap di Pintu Tol Karawaci 2 ini, waktu uji coba paket kebijakan penanganan kemacetan baik di Tol Janger (Jakarta-Tangerang) maupun Tol Jagorawi (Cibubur – Jakarta) secara keseluruhan diperpanjang sampai 11 Mei 2018. Sementara itu, pada pertengahan Mei 2018, diharapkan implementasi sepenuhnya kebijakan tersebut telah dapat dilakukan.

Paket kebijakan untuk ruas Tol Jakarta-Tangerang terdiri dari pertama, pemberlakuan skema ganjil genap untuk kendaraan pribadi pada pintu tol yang mengarah ke Jakarta yaitu Kunciran 2, Tangerang 2, Karawaci 2 dan Karawaci 4.

Kedua, pembatasan kendaraan berat angkutan barang golongan III, IV dan IV di ruas Cikupa -Tomang dan sebaliknya (2 arah) serta ketiga pemberlakukan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) di ruas Tangerang – Kebon Jeruk.

Untuk paket kebijakan di Tol Jagorawi (Cibubur – Jakarta) hanya meliputi pemberlakuan skema ganjil genap di Pintu Tol Cibubur 2 serta pemberlakuan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) mulai Bogor – Pasar Rebo. Semua paket kebijakan tersebut berlaku pada Senin hingga Jumat pukul 06.00 hingga 09.00 WIB kecuali hari libur.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyebutkan, perluasan skema ganjil genap ke Pintu Tol Karawaci 2 dan Karawaci 4 didasarkan pertimbangan untuk lebih memaksimalkan lalu lintas di ruas jalan tol Tangerang-Jakarta.

"Uji coba skema ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2 ataupun Tangerang 2 sudah memberikan dampak positif, namun kami ingin mendorong agar antrean semakin berkurang dan kecepatan bertambah," ujar Bambang.

Bambang menuturkan, selama uji coba dua pekan, panjang antrean yang terjadi selama waktu pemberlakukan kebijakan di ruas tol Tangerang – Jakarta (Senin – Jumat pukul 06.00 – 09.00 WIB) berkurang hingga separuhnya. "Data yang kami peroleh dari Jasa Marga menyebutkan panjang antrean kendaraan berkurang dari semula 18 km menjadi 8 km," kata Bambang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lebih lanjut Bambang menyebutkan, hal yang lebih penting adalah penerapan skema ganjil genap untuk kendaraan pribadi ini merupakan bagian persiapan kebijakan pengaturan lalu lintas di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada masa pelaksanaan Asian Games.

"Asian Games tinggal beberapa bulan lagi, salah satu permasalahan yang harus dipecahkan adalah masalah kemacetan,” kata Bambang, Senin (30/4/2018).

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Commitee) pada saat penyelenggaraan Asian Games waktu tempuh kendaraan para atlet dan ofisial baik dari penginapan ke venue ataupun antar-venue maksimal 30 menit.

Untuk itu diperlukan pengaturan lalu-lintas yang mau tidak mau akan lebih ketat bertumpu pada pengaturan kendaraan pribadi. "Kebijakan ganjil genap saat ini bagian dari proses agar masyarakat nantinya siap mendukung kebijakan pengaturan lalu-lintas pada masa pelaksanaan Asian Games," ujar Bambang.

Guna mendukung pelaksanaan Asian Games pada Agustus mendatang Bambang menyebutkan bahwa saat ini BPTJ sedang dalam proses menyiapkan usulan kebijakan secara komprehensif untuk penanganan kemacetan lalu lintas.

"Kami secara intensif sedang merumuskan kebijakan tersebut bersama Dishub DKI dan stakeholder lainnya," tutur Bambang.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.