Sukses

PLN Terangi Seluruh Desa di Kalimantan Timur dan Utara Tahun Ini

PLN memacu target untuk melistriki seluruh desa di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di 2018.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) melistriki dua desa di Kalimantan Timur, yakni Desa Beringin Agung dan Desa Bukit Merdeka di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Dengan masuknya listrik ke desa tersebut selama 24 jam, diharapkan dapat meningkat kualitas hidup dan perekonomian warga sekitar. 

Kedua desa yang berjarak sekitar 44 km dari Kota Balikpapan ini merupakan salah satu lokasi proyek LIStrik deSA (LISSA) yang dirampungkan pada 26 Desember 2017. Proyek yang dimulai pada Oktober 2017 ini diresmikan bersamaan dengan 20 titik listrik desa lainnya di Kalimantan Timur.

“Dengan masuknya listrik ke desa ini selama 24 jam penuh, maka kualitas kehidupan masyarakat akan semakin meningkat,” ujar Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN, Machnizon dalam keterangan resminya di Jakarta, seperti ditulis Jumat (27/4/2018). 

Sebelum listrik PLN masuk desa, warga mendapatkan listrik dari bantuan perusahaan tambang yang beroperasi di sekitar pemukiman penduduk. Saat itu warga harus membayar iuran sebesar Rp 100 ribu-250 ribu per bulan untuk menikmati listrik yang hanya menyala paling lama 4 jam. Belum lagi listrik tersebut tidak jarang padam, sehingga warga tidak sepenuhnya menikmati listrik. Oleh karena itu, masuknya listrik PLN ke desa-desa disambut sangat baik oleh warga.

“Sekarang kami bisa menikmati listrik selama 24 jam penuh dan tentunya biaya bulanan yang kita keluarkan menjadi jauh lebih hemat daripada saat menggunakan genset pribadi. Anak-anak juga bisa belajar dengan nyaman karena lampu terus menyala. Untuk itu kami sangat berterima kasih pada PLN”, ungkap Suryanto, warga Desa Beringin Agung.

Listrik Desa Beringin Agung dan Desa Bukit Merdeka dibangun melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 4,67 kilometer sitkit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 5,35 kms, dengan total daya sebesar 200 kilo Volt Ampere (kVA). Total nilai investasi PLN atas proyek ini senilai Rp 3,1 miliar. Saat ini, terdata 186 pelanggan di kedua desa tersebut dan masih terdapat potensi penambahan pelanggan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Listriki 1.520 Desa

Listriknya sendiri disuplai penuh oleh Sistem Kelistrikan Mahakam, yakni sistem kelistrikan yang memasok listrik untuk Balikpapan, Samarinda, Tenggarong dan Bontang. Pada April 2018, daya mampu Sistem Mahakam tercatat 484 MW dengan beban puncak berkisar 370 MW. Angka daya mampu tersebut belum termasuk dengan pembangkit-pembangkit yang saat ini dalam fase pemeliharaan untuk keandalan operasi jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Terkait proyek LISSA di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara), Machnizon mengatakan bahwa saat ini 100 persen atau sejumlah 1.520 desa sudah berlistrik. Desa ini tersebar di Kaltim sebanyak 1.038 desa dan Kaltara sebanyak 482 desa.

“Hal ini sesuai dengan timeline dan target kami, bahwa di 2018 seluruh desa di Kaltim dan Kaltara sudah 100 persen berlistrik. Saat ini kami tinggal memperluas jaringan (listrik) pada titik-titik yang belum berlistrik, sehingga warga benar-benar dapat menikmati listrik. Kami pastikan pekerjaan ini akan selesai di 2018," pungkas Machnizon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini