Sukses

Menakar Harta 5 Orang Terkaya RI, Berapa Totalnya?

Tak hanya ratusan miliar rupiah, kekayaan 5 orang terkaya RI mencapai ratusan triliunan rupiah.

Liputan6.com, New York - Majalah Forbes kembali mengumumkan daftar orang terkaya dunia. Dalam daftar terbaru tersebut, terdapat 2.208 miliarder di dunia dengan total kekayaan mencapai USD 9,1 triliun.

Setidaknya ada sejumlah orang Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia tersebut. Usaha dan bisnis yang mereka jalani sukses menghasilkan kekayaan yang jumlahnya sangat besar.

Sebut saja pengusaha seperti kakak beradik pemilik Grup Djarum yaitu R Budi Hartono dan Michael Hartono, pendiri Indorama Corporation, Sri Prakash Lohia hingga Chairul Tanjung adalah nama-nama 5 besar orang terkaya dunia.

Hartanya bukan lagi ratusan miliar rupiah, tapi triliunan rupiah. Jika digabungkan, harta kekayaan 5 orang paling kaya di Indonesia sekarang adalah USD 48,2 miliar atau setara Rp 670,99 triliun (Rp 13.921 per USD)

Saat ini, menurut Forbes, pengusaha rokok Djarum, R Budi Hartono, masih memegang gelar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Kekayaannya tercatat melonjak tajam dalam setahun terakhir mencapai US$ 17,4 miliar atau setara Rp 242,2 triliun.

Kekayaannya tercatat melonjak hampir dua kali lipat dari tahun lalu sebesar US$ 9 miliar. Budi Hartono juga berhasil menembus daftar 100 miliarder terkaya dunia dengan berada di peringkat ke-69. Selain memegang perusahaan Djarum juga sukses dengan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 orang terkaya RI

Berikut 5 orang terkaya di Indonesia versi Forbes:

1. R Budi Hartono

Peringkat di Indonesia: 1

Peringkat dunia: 69

Total kekayaan: USD 17,4 miliar

Usia: 77 tahun

 

2. Michael Hartono

Peringkat di Indonesia: 2

Peringkat dunia: 75

Total kekayaan: USD 16,8 miliar

Usia: 78 tahun

 

3. Sri Prakash Lohi

Peringkat di Indonesia: 3

Peringkat dunia: 228

Total kekayaan: USD 7 miliar

Usia: 65 tahun

 

3 dari 3 halaman

4. Tahir

Peringkat di Indonesia: 4

Peringkat dunia: 652

Total kekayaan: USD 3,5 miliar

Usia: 65 tahun

 

5. Chairul Tanjung

Peringkat di Indonesia: 5

Peringkat dunia: 652

Total kekayaan: USD 3,5 miliar

Usia: 55 tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.