Sukses

Cegah Kebakaran Hutan Saat Asian Games, APP Siapkan 2.700 Personel

Sampai dengan 2018, APP Sinar Mas menginvestasikan lebih dari USD 100 juta untuk upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan.

Liputan6.com, Jakarta - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas terus memperkuat strategi Manajemen Penanggulangan Kebakaran Terintegrasi dan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di area konsesi pemasok bahan baku APP Sinar Mas.

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas juga turut mendukung target Presiden Indonesia Jokowi yaitu zero fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018 yang jatuh bertepatan pada musim kemarau tahun ini.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan, sebagai perusahaan yang beroperasi di salah satu tempat gelaran Asian Games 2018, yakni di Palembang, Sumatera Selatan, APP Sinar Mas bertanggung jawab untuk mendukung terciptanya situasi kondusif sepanjang Asian Games.

“APP Sinar Mas sebagai bagian dari komponen bangsa bangga dapat mendukung indonesia dalam menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 di indonesia," ungkap dalam konferensi pers di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, Rabu (25/4).

Sampai dengan 2018, APP Sinar Mas menginvestasikan lebih dari USD 100 juta untuk upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla.

"Ditambah investasi sekitar USD 3,8 Juta yang dikhususkan untuk persiapan menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

160 Truk Pemadam Kebakaran

Fire Data and information Technology Manager APP Sinar Mas, Gustaf Rantung menambahkan, APP Sinar Mas juga terus melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan otoritas dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mencegah dan menangani karhutla di seluruh wilayah operasi.

"Musim kemarau itu memang musim kebakaran. Itu yang mau kita jaga. Sekarang kita pantau terus," tegas dia.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan komitmen perlindungan hutan APP Sinar Mas yang tertuang dalam Forest Conservation Policy (FCP).

“APP Sinar Mas menerapkan empat pilar Manajemen Penanggulangan Kebakaran Terintegrasi, yaitu pencegahan, persiapan, deteksi dini, dan respon cepat. Penanganan karhutla yang sinergis dan terintegrasi merupakan salah satu prioritas utama APP Sinar Mas dalam menjaga keiestarian hutan,” tandasnya.

Untuk diketahui, untuk memonitor serta mengantisipasi kebakaran hutan, hingga saat ini, APP Sinar Mas telah menyiagakan 2.700 personel regu pemadam kebakaran (RPK) yang sudah tersertifikasi Manggala Agni. Selain itu, telah dibangun 26 pos pantau, 89 menara api, dan disediakan 1.150 pompa air.

APP Sinar Mas juga menyiapkan 160 truk pemadam kebakaran, 500 kendaraan patroli, 4 unit heli bell 412 dengan kapasitas angkut 1.000 liter air, dan 3 unit heli superpuma/mil-8 dengan kapasitas angkut 4.000 liter air.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.