Sukses

Menteri Susi: Perempuan di Industri Penerbangan Bukti Kartini RI Membanggakan

Maskapai PT Garuda Indonesia Tbk mengadakan penerbangan khusus Kartini Flight sebagai upaya memeriahkan semangat Hari Kartini.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai PT Garuda Indonesia Tbk mengadakan penerbangan khusus Kartini Flight sebagai upaya memeriahkan semangat Hari Kartini. Penerbangan khusus ini melibatkan awak kabin, petugas darat dan pilot yang merupakan perempuan hebat yang dimiliki Grup Garuda Indonesia.

Keistimewaan lainnya dari penerbangan khusus Kartini Flight ini adalah ikut sertanya Menteri Perikanan & Kelautan RI, Susi Pudjiastuti dan rombongan pada rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta.

Selain itu, dua direksi perempuan Garuda Indonesia, masing-masing Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Sari Suharso dan Direktur Niaga Domestik, Nina Sulistyowati beserta beberapa direksi wanita BUMN lainnya juga ikut dalam penerbangan tersebut.

"Salut buat Garuda Indonesia yang telah mengadakan penerbangan khusus ini. Keterlibatan pilot perempuan, awak kabin dan juga petugas darat yang semuanya perempuan membuktikan bahwa mereka mampu bekerja di tengah dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi dan tantangan dinamika karier yang ada. Kartini-kartini Indonesia membanggakan," kata Susi Pudjiastuti sesaat sebelum mengudara dengan penerbangan GA 204, Sabtu (21/4/2018).

Pada kesempatan itu, Susi Pudjiastuti juga menyempatkan diri bersalaman dan berbincang-bincang singkat dengan kapten pilot dan seluruh crew pesawat dan mengatakan bahwa Garuda Indonesia telah mampu dengan baik mengakomodir aktualisasi diri kaum perempuan dalam jenjang karir professional di industri penerbangan.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia, Sari Suharso mengungkapkan melalui Kartini Flight, Garuda Indonesia mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengaktualisasikan diri tanpa batasan tertentu.

"Semangat tersebut kami representasikan melalui kehadiran pilot, awak kabin hingga release-woman yang semuanya perempuan pada penerbangan GA 204 rute Jakarta-Yogyakarta ini," kata Sari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari 4.500 Karyawan Perempuan

Grup Garuda Indonesia saat ini telah memiliki lebih dari 4.500 karyawan perempuan yang terdiri dari petugas lapangan, teknisi pesawat, co-pilot, kapten pilot hingga profesi lainnya.

Perempuan yang bekerja sebagai pilot sendiri mencapai 29 pilot perempuan di Garuda Indonesia. Sementara di GMF-Aeroasia sendiri tercatat memiliki 423 orang karyawati. 101 karyawati bekerja di lapangan sebagai teknisi dan engineer. Selain itu GMF-Aeroasia juga memiliki 11 orang releaseman perempuan yang berlisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya.

Sementara itu Direktur Niaga Domestik Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati, menambahkan pihaknya berharap penerbangan Kartini Flight ini dapat menjadi agenda tahunan sebagai bentuk dan wujud dukungan kami terhadap sosok pahlawan R.A Kartini yang hingga saat ini terus menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia.

Kartini Flight tersebut merupakan penerbangan khusus yang melibatkan seluruh sosok perempuan yang berperan penting dalam proses pelaksanaan penerbangan Garuda Indonesia, beberapa sosok perempuan hebat tersebut di antaranya :

1. Captain Pilot: Capt. Ida Fiqriah (kapten pilot perempuan pertama GA)

2. First Officer (FO/co-pilot): Melinda

3. Flight Service Manager (FSM): Evi Soenarjono

4. Flight Attendant (FA) : Kristina Halim

5. Flight Attendant (FA) : Sandra Junaedi

6. Flight Attendant (FA) : Lysda Taher

7. Flight Attendant (FA) : Chika Annisa

8. Flight Attendant (FA) : Kartika Hermiyanti

9. Engineer Aircraft Release : Pita Hadi Sriwahyuni

10. Engineer Aircraft Release : Dessy Purnamasari

11. Load Control : Maria Apriliyanti

12. Ramp Dispatcher : Woro Tyas

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.