Sukses

Hari Kartini, Sri Mulyani Ajak Perempuan Bersama-sama Bangun Indonesia

Menkeu Sri Mulyani juga mendorong kaum pria agar mendukung perempuan Indonesia untuk maju sehingga menciptakan kesamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kesibukan menghadiri pertemuan Bank Dunia dalam rangka Spring Meeting di Washington DC, Amerika Serikat, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengucapkan selamat merayakan Hari Kartini bagi perempuan Indonesia pada Sabtu (21/4/2018). Lewat akun media sosial Facebook dan Instagram, Sri Mulyani memberikan ucapan selamat merayakan Hari Kartini.

Sri Mulyani menuturkan, Kartini merupakan tokoh yang sangat inspiratif. Kartini yang pada masanya sudah memiliki pemikiran luar biasa maju untuk memperjuangkan kemajuan perempuan Indonesia. Sri Mulyani mengatakan, Kartini tak pernah memikirkan diri sendiri tetapi sesama perempuan yang ingin mendapatkan kesempatan maju di pendidikan dan peranan di masyarakat.

Sri Mulyani menilai, pemikiran Kartini tersebut masih berlaku hingga kini. Apalagi ada gender gap atau ketidakadilan gender di seluruh dunia yang masih sangat besar. Berdasarkan studi World Economic Forum (WEF) mengatakan gender gap di dunia, 200 tahun perempuan tertinggal di dalam menciptakan kesamaan atau parity yang merupakan suatu realita yang membuka mata.

"Bahwa ide dari pahlawan nasional Kartini masih perlu untuk diperjuangkan dan diteruskan oleh kita semua. Indonesia dengan perempuan yang lebih memiliki kepercayaan diri, pendidikan dan kesempatan untuk maju pasti bisa membuat Indonesia makin sejahtera, adil dan bermartabat,” lanjut Sri Mulyani.

Sri Mulyani pun sekali lagi mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan di Indonesia. Ia pun tak lupa memberikan ucapan selamat Hari Kartini kepada pria di Indonesia. Sri Mulyani menuturkan, untuk menciptakan kesamaan juga perlu peranan dan dukungan pria.

"Kesamaan sangat penting, dukung para perempuan yang ingin maju. Untuk para perempuan percaya diri meningkatkan kesempatan diri, mari bersama-sama bangun Indonesia," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Jadi Ketua Komite Pembangunan di Pertemuan Spring Meetings Bank Dunia

Sri Mulyani menyampaikan kegiatannya di acara Spring Meeting Bank Dunia. Pada pertemuan tersebut, Sri Mulyani bertindak sebagai Ketua Komite Pembangunan.

Dalam pertemuan itu, Sri Mulyani menuturkan, komitmen grup Bank Dunia untuk meningkatkan modal dan kemampuan dari lembaga multilateral untuk bantu negara-negara yang sedang berkembang dan pendapatan kecil agar bisa maju dan menciptakan kesejahteraan bersama.

Apalagi banyak masalah yang dihadapi dunia saat ini mulai dari masalah gender, energi, perubahan iklim, ekonomi dunia termasuk perdagangan yang sedang hadapi situasi tak mudah. Sri Mulyani menuturkan, semua pihak bertanggung jawab untuk memberikan kesempatan sama bagi umat manusia.

“Kesempatan maju merealisasikan potensi mereka dan menciptakan kesejahteraan bersama, memerangi kemiskinan menciptakan martabat bagi umat manusia,” kata dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.