Awas, 4 Aktivitas Akhir Pekan Ini Tanpa Disadari Bikin Tekor!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 22 Apr 2018, 07:00 WIB
Diperbarui 22 Apr 2018, 07:00 WIB
Uang Habis Setelah Lebaran, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan
Perbesar
Jangan bingung, ini yang harus kamu lakukan ketika uangmu habis setelah Lebaran. | via: slate.com

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pekerja kantoran yang menikmati lima hari kerja terkadang perlu memiliki me time. Momen akhir pekan ini pada umumnya akan dijadikan sebagai waktu bersantai. Entah itu sendiri atau bersama dengan teman-teman.

Berbagai kegiatan kerap dilakukan, baik kegiatan yang telah direncanakan sejak jauh-jauh hari maupun kegiatan dadakan yang menyenangkan. Namun, Anda perlu tahu kalau akhir pekan justru menjadi waktu yang paling rentan dengan sejumlah pengeluaran, terutama pengeluaran yang tidak direncanakan.

Berbagai aktivitas yang Anda lakukan saat menikmati akhir pekan sering kali identik dengan berbagai pengeluaran yang cukup besar dan tidak disadari. Barangkali Anda merasa hal ini biasa. Namun, jika tidak dikontrol dengan baik, pengeluaran-pengeluaran ini bisa saja menjadi musibah dan tanpa disadari membuat Anda tekor.

Pastikan Anda mengetahui dengan baik berbagai aktivitas yang kerap menguras uang pada akhir pekan. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini sejumlah aktivitas akhir pekan yang tanpa disadari bikin Anda tekor.

1. Makan Bersama Sahabat atau Keluarga di Restoran

Momen akhir pekan identik dengan aktivitas yang satu ini, terutama bagi Anda yang sepanjang minggu sibuk dan hanya memiliki waktu terbatas untuk berkumpul dengan sahabat atau bahkan keluarga Anda. Bukan tidak mungkin, Anda akan mengeluarkan budget besar untuk aktivitas seperti ini.

Pada dasarnya, tidak ada salahnya untuk sesekali makan di luar dan menikmati waktu bersama dengan orang-orang tercinta. Namun, kegiatan seperti ini haruslah disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Jangan sampai Anda melakukannya terlalu sering dan selalu menghabiskan dana yang besar. Jika mau, Anda bisa melakukannya sekali atau dua kali sebulan saja dengan budget tertentu agar keuangan tidak terganggu. (Baca Juga: Pinjam Uang: KTA vs Pinjaman Fintech. Pertimbangkan Ini Sebelum Jatuhkan Pilihan)

2 dari 3 halaman

2. Hangout di Kafe

Ilustrasi wefie
Perbesar
Yogyakarta sekarang menjadi tempat hits untuk anak para anak muda. Banyak kafe instagramable ada di sana

Setelah lelah bekerja sepanjang minggu, Anda tentu ingin bersantai dan menikmati akhir pekan. Hangout di kafe adalah salah satu aktivitas yang paling banyak dijadikan sebagai pilihan. Bukan hanya santai, beberapa kafe favorit memang bisa memberikan rasa nyaman dan tenang selama menikmati waktu bersama teman-teman.

Namun, di luar semua itu, sejumlah pengeluaran juga akan menunggu Anda, terutama jika Anda melakukannya setiap ahkir pekan. Bayangkan, berapa banyak uang yang akan Anda habiskan dalam sebulan untuk sekadar hangout dan menikmati secangkir kopi saja?

3. Menikmati Hobi yang Menguras Kantong

Akhir pekan juga menjadi momen yang pas untuk menikmati hobi Anda. Apalagi jika sepanjang minggu Anda tidak leluasa untuk melakukannya. Tak masalah jika hobinya adalah menulis. Anda bisa duduk di depan meja kerja kamar Anda dan mengetikkan apa yang ada dalam pikiran.

Namun, jika ternyata memiliki hobi yang menguras, Anda perlu memiliki kontrol yang baik untuk menikmati hobi ini pada akhir pekan. Misalnya, mendatangi toko buku dan membawa pulang beberapa buku sekaligus, berjalan-jalan di toko suvenir, dan membeli beberapa barang lucu yang tidak murah di sana. Semua ini akan membutuhkan uang yang tidak sedikit, bukan? (Baca Juga: Hindari Kesalahan ini saat Gunakan Kartu Kredit di Usia 30 tahun)

3 dari 3 halaman

4. Diam di Rumah, tapi Ditemani Banyak Camilan

5 Cara Aneh Turunkan Berat Badan
Perbesar
Mulai dari menghirup aroma peppermint hingga bercermin sebelum makan camilan sukses bantu turunkan berat badan.

Bukan hanya aktivitas di luar rumah saja yang akan menguras banyak uang, tapi aktivitas dalam rumah juga. Pada akhir pekan, mungkin saja Anda ingin menghabiskan waktu dengan bersantai di rumah, menikmati film, atau sekadar melakukan hal lainnya yang menyenangkan.

Namun, jika Anda juga terbiasa diam di rumah dengan banyak camilan, uang Anda juga bisa terkuras untuk aktivitas yang satu ini. Membeli banyak camilan setiap akhir pekan bisa saja membuat Anda tekor.

Aktivitas Menyenangkan dan Hemat

Menikmati akhir pekan dengan aktivitas menyenangkan mungkin saja akan menjadi pilihan bagi Anda. Namun, berbagai aktivitas ini kerap identik dengan sejumlah pengeluaran yang bisa saja membuat keuangan tekor tanpa disadari.

Pastikan Anda menikmati akhir pekan dengan cara menyenangkan dan hemat sehingga keuangan Anda tetap aman hingga akhir bulan.

Lanjutkan Membaca ↓