Sukses

Bercerai, Miliarder Ini Harus Beri Kapal Pesiar Rp 5,9 Triliun ke Mantan Istri

Miliarder Rusia Farkhad Akhmedov diharuskan memberi kapal pesiar dengan harga yang fantastis ke mantan istrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Rusia Farkhad Akhmedov diminta oleh pengadilan tinggi untuk memberikan kapal pesiar mewah seharga 350 juta euro atau sekitar Rp 5,98 triliun (asumsi kurs Rp 17.083 per euro) ke mantan istrinya sebagai harta gono gini kasus perceraianya. Perceraian ini disebut-sebut merupakan salah satu perceraian terbesar yang pernah terjadi di Britania.

Dikutip dari Irishtimes, Sabtu (21/4/2018), Akhmedov masuk dalam laporan Kremlin yaitu sebuah laporan yang berisi daftar 220 orang pengusaha dan politikus Rusia yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin.

Kapal tersebut merupakan kapal pesiar ekspedisi terbesar kedua di dunia yang dilengkapi dengan 2 helipad, 9 dek, kolam renang, hingga kapal selam mini di dalamnya. 

Sementara itu, Akhmedov bertemu mantan istrinya Tatiana saat sedang menempuh pendidikan di MosKow, Russia dan kemudian memutuskan untuk pindah dan menikah di London pada tahun 1993. Disayangkan pernikahan mereka tak mampu bertahan lama dan berakhir pada tahun 2004. 

Untuk menyelesaikan kasus perceraianya ini, Akhmedov diharuskan membayar senilai 454,5 juta euro atau Rp 7,7 triliun yang mana hal ini merupakan 41,5 persen dari jumlah kekayaanya sebesar 1 miliar euro pada Desember 2016. 

Dalam persidangan ini, Pengadilan Tinggi di London mendukung Tatiana dalam memulihkan aset milik mantan suaminya agar kemudian diserahkan padanya. Menurut Pengadilan Tinggi, Tatiana pada tahun ini belum sama sekali menerima sejumlah dana dari Akhmedov.

Sedangkan menurut Pengadilan Tinggi, Akhmedov telah berusaha mengambil banyak langkah yang rumit sebagai upaya menyembunyikan kekayaanya. Hingga saat ini baik, Tatiana maupun Akhmedov masih terus mengurusi sidang perceraianya tersebut mengingat banyak hal yang belum terselesaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

10 Perceraian Termahal dalam Sejarah

Banyak selebriti yang mengalami perceraian yang menyakitkan, termasuk biaya perceraian yang sangat mahal. Paul McCartney, Madonna, Tiger Woods, dan bahkan Presiden Donald Trump adalah beberapa di antaranya.

Nama-nama yang disebutkan di atas perlu merogoh kocek hingga puluhan juta dolar Amerika Serikat (AS) karena urusan perceraian. Namun meskipun merogoh kocek cukup dalam, ternyata perceraian mereka bukan yang termahal sepanjang masa.

 

Orang-orang berikut menghabiskan ratusan juta dolar AS dalam kasus perceraiannya. Bahkan ada yang menghabiskan US$ 1 miliar atau lebih.

Berikut adalah mereka dengan kasus perceraian termahal sepanjang masa dikutip dari Business Insider:

10. Bob Johnson dan Sheila Crump Johnson (2002)

US$ 400 juta.

Pengusaha pertelevisian Bob Johnson dan Sheila Johnson menikah dari tahun 1969 sampai 2002. Selama pernikahannya, mereka mendirikan jaringan Black Entertainment Television.

Pada 2000, pasangan ini menjadi miliarder Afrika-Amerika pertama. Sayangnya, pasangan tersebut bercerai dua tahun kemudian. Sheila Johnson pergi dengan membawa US$ 400 juta atau kurang lebih Rp 5,36 triliun (estimasi kurs Rp 13.400 per dolar AS), seperti yang ditulis ABC News.

Pada akhirnya Sheila menikahi hakim yang memimpin perceraiannya.

9. Mel Gibson dan Robyn Moore (2006)

US$ 425 juta.

Perceraian yang memakan hampir setengah juta dolar AS antara aktor Mel Gibson dan Robyn Moore merupakan kasus perceraian Hollywood terbesar dalam sejarah. Penyelesaian konflik mereka mencapai setengah dari kekayaan bersih aktor saat itu.

3 dari 5 halaman

8. Craig McCaw dan Wendy McCaw (1997)

US$ 460 Juta.

Menurut Forbes, perintis industri ponsel Craig McCaw dan pemilik penerbitan surat kabar Wendy McCaw secara damai bercerai pada 1997. Perceraian mereka memakan lebih dari US$ 460 juta saham Nextel.

7. Dmitry Rybolovlev dan Elena Rybolovlev (2014)

US$ 604 juta.

Elena Rybolovleva mengajukan gugatan cerai dari pebisnis Rusia Dmitry Rybolovlev. Ia mengungkapkan perselingkuhan suaminya dan mengatakan bahwa suaminya masih melakukan kelakuan masa mudanya.

Pengadilan awalnya memenangkan Elena dengan US$ 4,5 miliar pada tahun 2014. Namun setelah mengajukan banding, Elena hanya mendapat US$ 604 juta.

6. Adnan Khashoggi dan Soraya Khashoggi, 1980

US$ 874 juta.

Pada tahun 1961, agen senjata Arab Saudi Adnan Khashoggi menikahi seorang wanita Inggris berusia 20 tahun bernama Sandra Daly. Ia yang masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Soraya.

Menurut Time, pada puncak kekayaan mereka, pasangan tersebut memiliki 17 rumah, tiga pesawat, dan tiga kapal pesiar.

Sayangnya mereka bercerai pada tahun 1974 dan penyelesaian konfliknya mencapai rekor sebesar US$ 874 juta dolar - atau setara dengan lebih dari US$ 2 miliar hari ini.

 

4 dari 5 halaman

5. Harold Hamm dan Sue Ann Arnall (2012)

US$ 975 Juta.

Proses perceraian pahit antara tokoh minyak Harold Hamm dan istrinya Sue Ann Arnall berakhir dengan Hamm yang menulis cek senilai US$ 974,8 juta.

Arnall tidak segera mencairkan cek tersebut karena berharap mendapatkan yang lebih besar. Namun akhirnya ia menerimanya pada tahun 2015.

4. Steve dan Elaine Wynn (2010)

US$ 1 miliar.

Pengusaha kasino di Las Vegas, Steve, dan Elaine Wynn menikah tidak hanya sekali tapi dua kali. Pernikahan pertama mereka berlangsung dari tahun 1963-1986 dan yang kedua dari tahun 1991-2005.

Perceraian kedua mereka disinyalir merupakan perceraian paling mahal sepanjang masa. Meski rinciannya terus terbengkalai, penyelesaian konflik diperkirakan mencapai US$ 1 miliar.

3. Bernie Ecclestone dan Slavica Radić (2009)

US$ 1,2 miliar.

Eksekutif Formula One Bernie Ecclestone, salah satu orang terkaya di Inggris, menceraikan model Kroasia Slavica Radic pada tahun 2009.

Perceraian mereka diperkirakan mencapai US$ 1,2 miliar. Walaupun rinciannya tidak sepenuhnya jelas, tampaknya Radic yang membayar kepada Ecclestone.

 

5 dari 5 halaman

2. Rupert Murdoch dan Anna Torv (1999)

US$ 1,7 miliar.

Pengusaha media Rupert Murdoch dan jurnalis Maria Torv telah menikah selama 31 tahun dan memiliki tiga anak.

Namun pasangan tersebut memiliki rencana berbeda saat Murdoch akan pensiun, dan mereka menyetujui sebuah "pemisahan damai" pada tahun 1998. Rincian pemisahan tersebut tidak diketahui, namun Torv dikabarkan telah menerima sebesar US$ 1,7 miliar.

Kedua belah pihak sepertinya telah move on dengan cepat: Murdoch menikahi Wendi Deng 17 hari setelah perceraian, sementara Torv menikahi William Mann enam bulan kemudian.

1. Alec Wildenstein dan Jocelyn Wildenstein (1999)

US$ 3,8 miliar.

Perceraian paling terkenal terjadi pada tahun 1999, ketika pengusaha Amerika Prancis Alec Wildenstein menceraikan istrinya yang berusia 21 tahun, Jocelyn Wildenstein.

Proses perceraian tersebut memberikan Jocelyn sebesar US$ 2,5 miliar dan US$ 100 juta untuk masing-masing orang selama 13 tahun ke depan. Seperti yang dikabarkan oleh People, jumlah tebusannya mencapai US$ 3,8 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.